Analisis Jalur (Update 2020)

jasa analisis statistik jogja pakai R software

Halo sobat statistik, kali ini USH akan sharing tentang salah satu metode yang sering digunakan untuk olah data statistika yaitu analisis jalur atau sering juga disebut dengan path analysis. Yuk kenalan dengan salah satu metode olah data ini. Mengolah data dengan path analysis:

Apa sih itu?

Definisi Analisis Jalur

Analisis jalur ialah teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang tejadi pada regresi berganda jika variabel bebasnya memengaruhi variabel tergantung tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. (Robert D. Retherford 1993).

“Analisis jalur bukan merupakan metode untuk menemukan penyebab suatu hubungan, melainkan suatu metode yang digunakan untuk mendefinisikan model kausal yang telah dirumuskan secara teoritis atas dasar pengetahuan sebelumnya” (Kerlinger dan Pedhazur, 1973)

Masih bingung sobat statistik? USH coba bantu ya, jadi path analysis adalah metode untuk mencari hubungan antar variabel yang variabel prediktornya memengaruhi variabel outcomenya secara langsung dan tidak langsung.

Kami coba bantu gambarkan. Variabel bebas atau prediktor atau X -> pengaruh langsung terhadap variabel tergantung atau outcome atau Y DAN variabel X -> pengaruh tidak langsung terhadap variabel Y

Bebeda dari analisis data regresi yang hanya memengaruhi secara langsung. Analisis jalur mampu menganalisis data hubungan tidak langsung antar-variabel

Mengapa harus path analysis?

Tujuan Analisis Jalur

Path analysis memungkinkan seseorang melakukan analisis model-model yang lebih kompleks yang tidak bisa dilakukan oleh regresi linier berganda. Path analysis juga dapat digunakan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung, salah satunya melalui variabel intervening. Analisis jalur mempresentasikan hubungan kausal antar variabel dalam bentuk gambar agar semakin mudah dibaca.

Contoh Hasil Analisis Jalur

diagram.path.analysis.jasa.olah.data.ush.jogja-Mengolah data path analysis
Ini dikerjakan oleh jasa olah data USH Indonesia lho..

Siapa saja yang butuh?

Path analysis dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang ingin mengetahui hubungan antara variabel eksogen dan variabel endogen. Adapun yang dimaksud dengan variabel eksogen adalah variabel yang tidak dipengaruhi oleh variabel lain di dalam model, sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain di dalam model. Sebagai contoh pemanfaatannya adalah seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y melalui variabel Z. Karena peneliti melibatkan variabel Z sebagai variabel intervening maka analisisnya tidak dapat dilakukan jika hanya menggunakan regresi linier.

Masalah yang biasa ditemui?

Permasalahan Ketika Olah Data

  1. Uji asumsi klasik tidak terpenuhi
  2. Membutuhkan dasar teori yang kuat
  3. Butuh sampel besar
  4. Jenis data berskala interval atau numerik
  5. tidak bisa menggunakan variabel dummy

Solusi Masalah Path Analysis

Jika ingin mengolah data path analysis di USH Indonesia: klik di sini

Jika ingin bertemu, bisa menghubungi jasa olah data Jogja, Bandung, Semarang, atau Surabaya. Untuk jasa olah data jogja saat ini hanya bisa melayani laki-laki, dan jasa olah data surabaya hanya bisa melayani perempuan

Bagaimana cara melakukan uji analisis jalur? bisa juga konsultasi statistik dengan konsultan statistik USH Indonesia

Penulis: Maghfiroh H.M, S.Stat

Editor: dr. Abdi Marang Gusti alhaq