Notice: Array to string conversion in /home/u8992020/public_html/wp-includes/formatting.php on line 1098
Analisis Multivariat dan Jenisnya - Jasa Olah Data USH Indonesia
Skip to content
Home » Info Jasa Olah Data » Analisis Multivariat dan Jenisnya

Analisis Multivariat dan Jenisnya

  • by
Analisis Multivariat

Analisis Multivariat

Analisis Multivariat ( Multivariat analysis ) merupakan metode statistik yang bertujuan untuk menganalisis data yang terdiri dari banyak variabel, dan variabel-variabel tersebut diyakini saling berhubungan.

Multivariat analysis merupakan metode statistika yang diaplikasikan untuk memahami struktur data yang memiliki dimensi tinggi. Dimana variabel-variabel tersebut saling berkaitan.

Teori Analisis Multivariat

Metode analisis multivariat telah memiliki teori yang dikenal sejak lama, namun jarang digunakan karena metode perhitungannya yang cukup rumit. Namun belakangan ini seiring dengan perkembangan teknologi.

Di mana aplikasi komputer seperti SPSS muncul untuk menghitung dan menganalisis metode statistik dengan mudah. Oleh karena itu, analisis multivariat banyak digunakan oleh para peneliti karena aplikasi komputer yang nyaman dan jumlah informasi yang dapat diambil dari analisis multivariat ini.

Jenis Data Dalam Analisis Multivariat

Analisis multivariat yang dibahas ini terkait erat dengan jenis data atau skala data. Dua jenis skala data yang digunakan, data metrik serta data non-metrik.

Data metrik adalah data numerik atau berisi angka-angka yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematis, misalnya, hasil tes, berat badan, tingkat IQ, dll. Data metrik juga dikenal sebagai numeric data atau quatitative data.

Dalam hal ini ada 2 jenis data metrik, yaitu data rasio serta data interval. Dan ada dua jenis data non-metrik, data ordinal serta data nominal.

Klasifikasi Analisis Multivariat

Ada tiga jenis klasifikasi analisis multivariat, yang pertama adalah teknik dependensi, kedua adalah teknik interdependence, serta yang terakhir adalah model struktural.

Namun, ada ahli yang mengatakan bahwa analisis multivariat hanya dikelompokkan menjadi 2 klasifikasi. Yaitu, analisis ketergantungan atau dependensi dan juga analisis saling ketergantungan atau interdependensi.

Metode Analisis Dependensi Multivariat

Merupakan metode analisis multivariat di mana suatu variabel atau sekumpulan variabel yang diidentifikasi sebagai dependen atau dependen dapat diramalkan oleh variabel lain yang merupakan variabel bebas ataupun variabel independen.

Tujuan dari analisis ketergantungan adalah untuk menjelaskan atau memprediksi variabel terikat dengan dua atau lebih variabel bebas.

Jenis Analisis Ketergantungan Multivariat:

  • Regresi Linier Berganda

Merupakan metode analisis yang bertujuan untuk mengetes hubungan diantara dua atau lebih variabel bebas dengan variabel terikat.

  • Analisis Diskriminasi Berganda

Merupakan metode statistik yang berfungsi untuk memprediksi probabilitas bahwa objek termasuk pada dua ataupun lebih kategori variabel dependen yang saling eksklusif berdasarkan beberapa variabel independen.

Asumsi analisis diskriminan berganda merupakan variabel independen yang harus berbentuk data matrik dan terdistribusi normal.

  • Regresi Logistik Berganda

Merupakan model regresi yang memprediksi variabel dependen yang tidak berskala atau memprediksi beberapa variabel independen pada skala data yang merupakan data metrik ataupun yang data non-metrik.

Teknik ini hampir identik dengan analisis diskriminan, hanya saja menggunakan prinsip komputasi regresi dan regresi linier dalam perhitungannya.

  • Analisis Multivariat Varians (MANOVA)

Merupakan metode statistik yang menyediakan uji simultan dari signifikansi perbedaan rata-rata diantara kelompok untuk dua atau lebih variabel dependen yang ada.

  • Analisis Konjoin

Analisis konjoin merupakan metode statistik yang berfungsi untuk memahami preferensi para responden terhadap produk atau layanan.

  • Korelasi Kanonik

Korelasi kanonik merupakan pengembangan lebih lanjut dari analisis regresi linier berganda. Analisis korelasi kanonik dipakai untuk mengkorelasi variabel-variabel dependen dengan beberapa variabel independen dengan cara bersamaan.

Teknik Interdependensi Untuk Analisis Multivariat

Teknik atau metode interdependensi untuk analisis multivariat adalah analisis multivariat di mana semua variabel dari suatu himpunan dianalisis secara simultan tanpa membedakan antara variabel dependen dan independen.

Analisis interdependensi mempunyai fungsi untuk ditetapkannya makna pada sekelompok variabel, atau bisa juga dipakai untuk membuat kelompok bersama-sama.

Jenis Analisis Interdependensi Multivariat

  • Analisis faktor

Analisis faktor merupakan metode statistik yang berfungsi menganalisis struktur hubungan timbal balik antara sejumlah besar variabel untuk menentukan himpunan faktor dari dimensi yang mendasari umum. Ada dua jenis analisis dalam analisis faktor, Principal Components Analysis atau PCA serta analisis faktor umum.

  • Analisis Cluster

Analisis kluster adalah teknik statistik yang dipakai untuk mengelompokkan kumpulan objek sehingga setiap objek serupa dengan objek lain dalam suatu klaster atau klaster dan berbeda dengan objek di semua klaster lainnya. Ada dua jenis analisis dalam analisis klaster, yaitu analisis klaster hierarkis dan non-hierarkis.

  • Skala Multidimensi

Skala multidimensi adalah metode statistik yang bertujuan untuk mengukur objek diskala multidimensi yang didasarkan pada keputusan responden tentang kesamaan objek.

  • Analisis Korespondensi

Analisis korespondensi merupakan metode statistik yang memakai data non-metrik dan bertujuan sebagai alat untuk mengevaluasi hubungan linier atau nonlinier. Dimana langkah merupakan suatu bentuk usaha untuk mengembangkan peta persepsi yang mengilustrasikan asosiasi atau hubungan antara objek dengan sekumpulan sifat deskriptif objek tersebut.

  • Model Struktur Analisis Multivariat

Merupakan metode yang dipakai untuk menganalisis hubungan antara variabel terikat dan variabel bebas secara bersamaan. Model ini dikenal sebagai model persamaan struktural atau versi bahasa Inggris Structural Equation Model dan disingkat SEM. Keuntungan dari SEM adalah bahwa hubungan diantara beberapa kelompok variabel dapat dipelajari pada waktu yang sama atau pada waktu yang sama. Baik variabel terikat maupun variabel bebas. Metode ini juga dapat memperhitungkan adanya variabel laten.

Demikian yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai Analisis Multivariat dan Jenisnya. Semoga anda dapat memahami apa yang telah kami sampaikan, terima kasih.