Home » Info Jasa Olah Data » Apa itu one sample T-test?

Apa itu one sample T-test?

  • by

Data yang akurat menjadi kebutuhan di setiap bidang kehidupan, terutama bagi kalangan akademisi dan peneliti. Saat ini terdapat banyak metode statistika dalam pengolah data khususnya data angka. Statistika merupakan ilmu pengetahuan yang pada dasarnya berhubungan dengan cara-cara pengumpulan dan penyusunan data, bagaimana cara pengolahan dan analisis data, serta penyajiannya.

Ditinjau dari parameter yang digunakan, statistika terbagi menjadi dua yaitu statistika parametrik dan non-parametrik. Dalam hal ini salah satu alat uji dalam statistika parametrik yang sering digunakan yakni Uji-t untuk satu sampel atau dikenal dengan sebutan One Sample T-test dan Uji-t untuk dua sample atau sebutan lainnya yakni two sample T-test. Nah Kali ini kita akan mengulik mengenai sebenarnya One Sample T-test itu apa dan bagaimana cara pengaplikasiannya.

Definisi One Sample T-test.

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai apa dan bagaimana pengaplikasian One Sample T Test, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa sebenarnya One Sample T Test tersebut.  One sample T test merupakan teknik analisis untuk membandingkan satu variabel bebas. Teknik ini digunakan untuk menguji apakah nilai tertentu berbeda secara signifikan atau tidak dengan rata-rata sebuah sampel. Namun ada juga yang berpendapat bahwa Uji-t satu sampel (one sample t-test) merupakan prosedur pengujian untuk sampel tunggal dengan mekanisme kerja yaitu rata-rata suatu variabel tunggal dibandingkan dengan suatu nilai konstanta tertentu.

Penggunaan One Sample Test

Uji-t satu sampel atau one Sample t- test ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata (mean) pada populasi atau penelitian terdahulu dengan rata-rata data pada sampel penelitian. Selain  itu One Sample Test juga sering digunakan untuk menguji hal-hal Seperti:

  • Perbedaan rata-rata antara sampel dan nilai rata-rata yang digunakan pada hipotesis.
  • Perbedaan rata-rata antara sampel dengan nilei median dari sampel yang kita uji.
  • Perbedaan rata-rata antara sampel yang kita gunakan dan nilai peluangnya.
  • Perbedaan statistik antara nilai perubahan dan titik nol.

Uji-t satu sampel hanya bisa digunakan untuk membandingkan nilai rata-rata sampel pada 1 variabel dengan nilai rata-rata yang sudah ditentukan.

Syarat Untuk melakukan Pengujian One Sample T-Test

Untuk melakukan pengujian dengan cara one sample t-test pastikan anda sudah mengetahui beberapa syaratnya. Syarat uji t test ini hanya  bisa diterapkan apabila data berdistribusi normal, One-sample T Test ini memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Pengujian ini masuk dalam pengujian parametrik sehingga :

  1. Sample yang digunakan harus berasal dari populasi yang berdistribusi normal
  2. Jenis datanya bersifat kuantitatif
  3. Jumlah populasi atau sample yang digunakan minimal berjumlah 30

Namun bila pengujian secara normal tidak bisa maka anda bisa menggunakan uji Wilcoxon sebagai alternative lain. Dalam penyelesaiannya sendiri, metode ini bisa dihitung baik secara manual maupun dengan bantuan aplikasi (menggunakan SPSS).

Statistik Pengujian dengan menggunakan One Sample T-Test

Dalam uji-t satu sampel, uji statistik yang digunakan adalah sebagai berikut:

Dalam penggunaan uji-t satu sampel, kriteria kondisi data yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Jenis data yang digunakan adalah interval atau rasio.
  2. Sampel yang terpilih dari populasi harus bersiftar random.
  3. Tidak terdapat data yang bersifat outlier (ekstrim kiri atau kanan).
  4. Varians dari sampel dan populasi bersifat homogen.

Kesimpulan

Uji-t satu sampel merupakan salah satu sarana pengujian hipotesis yang baik digunakan dalam kondisi sampel kecil. Uji ini bisa digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara sampel dan nilai rata-rata yang digunakan pada hipotesis atau perbedaan rata-rata antara sampel dengan nilai median dari sampel yang kita uji. Sebelum menggunakan uji-t, pastikan data yang kita gunakan memiliki skala interval atau rasio. Sampel yang terpilih juga harus bersifat random atau acak.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai one Sample T-Test, Bagi anda yang membutuhkan jasa perhitungan berbagai data olah statistik, anda dapat mempercayakannya pada uji statistik halal. Layanan kami sangat beragam, tak hanya olah data, USH juga melayani dalam berbagai urusan statistik seperti Konsultasi statistik, Desain kuesioner dan metode pengumpulan data, Desain studi penelitian untuk eksperimen dan observasional, Pemodelan.