Home » Info Jasa Olah Data » Apa Itu Simple Random Sampling

Apa Itu Simple Random Sampling

  • by
simple random sampling

Sudah tahukah anda tentang simple random sampling? Simple random sampling merupakan salah satu teknik uji statistic. Ingin tahu lebih jauh tentang simple random sampling? Yuk, simak ulasan berikut bersama uji statistik halal!

Pengertian

Salah satu pengertian dari teknik simple random sampling ialah sebuah teknik acak yang sederhana. Teknik simple random sampling ialah sebuah teknik pengambilan sampel dari suatu anggota populasi yang dapat di lakukan secara acak tanpa adanya pertimbangan strata yang ada di dalam suatu populasi tersebut (Sugiyono, 2001).

Nah, berikut ini merupakan beberapa pengertian tentang simple random sampling dari beberapa ahli:

  1. Simple random sampling ialah sebuah metode penarikan dari sebuah populasi ataupun semesta dengan teknik atau cara tertentu. Sehingga dari setiap anggota populasi ataupun semestanya tersebut dapat memiliki sebuah peluang yang sama untuk dapat di pilih atau di ambil. Hal tersebut dijelaskan oleh Kerlinger (2006:188).
  2. Margono (2004) juga berpendapat mengenai teknik sampling random. Menurutnya, simple random sampling ialah sebuah teknik yang digunakan untuk mendapatkan sebuah sampel yang dilakukan langsung pada unit sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut maka setiap unit sampling yang merupakan bagian dari unsur populasi yang paling terpencil itu akan memperoleh peluang yang sama untuk dapat menjadi sebuah sampel ataupun untuk mewakili populasi yang ada. Cara dan prosedur itu dapat dilakukan apabila anggota populasinya dianggap sebagai populasi yang homogen.

 Dari berbagai pengertian dari para ahli di atas, maka dapat di ketahui bahwa pengertian dari teknik yang bernama teknik sampling acak sederhana ialah sebuah teknik pengambilan sampel ataupun elemen secara acak. Setiap elemen atau anggota populasi tersebut akan mendapatkan sebuah kesempatan yang sama untuk di pilih menjadi sebuah sampel. 

Contoh

Berikut ini merupakan contoh dari simple random sampling:

Sejumlah siswa yang ada di sebuah kelas di salah satu SMA tertentu yang ada di Jakarta akan diberikan bantuan. Adapun penggunaan teknik simple random sampling ini dapat dilakukan dengan menggunakan tabel bilangan random, melalui undian atau secara acak sistematis. 

Teknik simple random sampling ini dapat dilakukan apabila jumlah unit samplingnya tidak begitu besar. Contohnya adalah jumlah siswa jurusan IPA adalah 100 orang. Apabila anda ingin mendapatkan sampel sebanyak 30 orang dari populasi yang ada di atas, maka dapat menggunakan teknik ini dengan cara undian, ordinal ataupun dengan tabel bilangan random. 

Pada teknik simple random sampling atau teknik sampling secara sederhana ini terdapat perbedaan karakter yang mungkin ada pada setiap unsur ataupun elemen dari populasi dan hal tersebut bukanlah sebuah hal yang penting untuk rencana analisis. Contohnya, pada sebuah populasi terdapat dua gender yaitu laki-laki dan perempuan. Atau ada juga kaya dan miskin, manajer dan bukan manajer serta perbedaan-perbedaan yang lainnya. 

Apabila perbedaan-perbedaan yang ada tersebut bukan sebuah hal yang penting dan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil dari penelitian, maka peneliti dapat mengambil sampel secara acak dan sederhana. Maka dari itu, setiap unsur populasi harus memiliki kesempatan yang sama agar bisa dipilih dan di ambil menjadi sampel.

Syarat Simple Random Sampling

Adapun syarat dari sebuah penggunaan teknik simple random samling ialah sebagai berikut:

  1. Pertama, teknik ini dapat digunakan apabila elemen populasinya bersifat homogeny. Sehingga, elem mana saja dapat dipilih untuk dijadikan sampel yang bersifat bisa mewakili populasi. 
  2. Teknik ini dapat dilakukan apabila analisis dari penelitiannya cenderung deskriptif dan bersifat umum. 

Itulah informasi yang dapat diberikan oleh Uji Statistik Halal terkait simple random sampling. Bagi anda yang membutuhkan jasa penyelesaian berbagai hal terkait statistic atau pengolahan data statistik, anda bisa mengunjungi kami di Uji Statistik Halal.