Home » Info Jasa Olah Data » statistik » Apa Itu Statistik: Tujuan, Fungsi dan Metode

Apa Itu Statistik: Tujuan, Fungsi dan Metode

  • by
APA ITU STATISTIK_ TUJUAN, FUNGSI DAN METODE

Statistik merupakan cara pengumpulan dara dan informasi. Data dapat diartikan sebagai kelompok atau kumpulan informasi yang sudah mewakili atribut kualitatif atau atribut kuantitatif suatu variabel / serangkaian variabel. Data didalam statistik bisa berupa rangkaian informasi yang menggambarkan entitas tertentu. Contoh dari data yaitu seperti usia siswa di dalam kelas yang diberikan. Ketika anda sedang mengumpulkan data data dari usia siswa tersebut, maka itu menjadi data anda. 

 Istilah satu set didalam statistik disebut sebagai populasi. Meski istilah tersebut biasa digunakan dalam merujuk pada jumlah orang pada suatu tempat tertentu, dalam statistik populasi mengarah pada seluruh rangkaian tempat pengumpulan data anda. Statistik sendiri sering digunakan dalam kehidupan sehari hari walaupun didalam bentuk yang sederhana. 

Penggunaan analisis data statistik ini mampu memberikan sumbangsih yang penting didalam kegiatan yang berskala besar, seperti perusahaan ataupun instansi pemerintahan. Sebagai contoh yaitu dalam kegiatan penelitian pada bidang ekonomi, pengambilan keputusan dan akademik. Metode statistik mampu memberikan sebuah gambaran suatu permasalahan serta prediksi kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi. 

Apa Itu Statistik

Statistik adalah disiplin ilmu yang memiliki kaitan dengan pengumpulan, organisasi, interpretasi, analisis dan penyajian data yang selalu digunakan dalam masalah ilmiah, sosial ataupun industri. Statisitika memiliki kaitan dengan setiap aspek data, seperti perencanaan pengumpulan data pada desain survey dan eksperimen. Pada saat data sensus tidak dapat untuk dikumpulkan, ahli statistik akan segera mengumpulkan data dengan cara melakukan pengembangan desain eksperimen dan sampel survei. 

Sampel representatif memastikan kesimpulan yang akan didapatkan dapat diperluas dari data sampel ke data populasi yang menyeluruh. Sebuah studi peneltian atau eksperimen melibatkan cara pengukuran sistem yang diteliti, manipulasi sistem, dan mengambil pengukuran tambahan, dengan prosedur yang sama untuk penentuan apakan manipulasi telah mengubah nilai pengukuran. Sebaiknya, penelitian obesrvasional tidak menggunakan manipulasi eksperimental. 

Tujuan penggunaan statistik

Tujuan dari penggunaan statistik anata lain adalah sebagai berikut ini:

  • Dikehidupan sehari hari statistik memiliki peran sebagai penyedia bahan, keterangan, sumber berbagai hal yang dapat diolah dan ditafsirkan. 
  • Dalam penelitian ilmiah memiliki peran sebagai penyedia alat yang berguan untuk mengemukakan dan menemukan keterangan yang tersembunyi di dalam suatu angka. 
  • Didalam ilmu pengetahuan statistika memiliki peran sebagai alat analisis dan interpretasi dari data kuantitatif sehingga data dapat disimpulkan dan dibaca. 

Fungsi ilmu statistik

Fungsi dari ilmu statistik adalah sebagai berikut ini:

  • Mendeskripsikan dan menerangkan data terkait dengan jumlah suatu populasi yang diteliti
  • Penentu jumlah yang tepat  dari populasi yang luas didalam suatu ukuran agar lebih mudah untuk dipahami
  • Penetapan dan penerapan sebuah keadaan bagaimana sebuah hipotesis dapat digunakan atau dapat membantu melakukan sesuatu
  • Alat yang menyediakan estimasi atau model tentang nilai yang tidak atau belum diketahui berdasarkan data yang diteliti
  • Menyediakan estimasi terkait akibat dari hipotesis yang diterima dan digunakan sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan yang akan menjadi acuan.

Metode- metode statistik

Umumnya yang menggunakan statistik untuk panduan dasar, pengumpulan data informasi maupun untuk acuan atau patokan  dapat menggunakan berbagi macam metode statistika, berikut ini merupakan metode yang umum dan sering digunakan antara lain adalah : 

Statistik deskriptif

Statistik ini bisa berupa benda yang dapat dihitung dan merupakan statistik ringkasan secara kuantitatifyang menggambarkan dan merangkum sekumpulan suatu informasi. Sedangkan statistik deskriptif dalam artian kata benda massa yaitu proses menganalisis dan menggunakan statistik deskriptif.

Statistik ini dibedakan menjadi statistik inferensial (statistik induktif), dikarenakan statistik ini memiliki tujuan untuk merangkum sampel, daripada penggunaan data untuk dipelari populasinya yang hanya dianggap mewakili sampel suatu data. 

Statistik Inferensial 

Inferensial merupakan proses yang digunakan didalam analisa data untuk menyimpulkan properti dari hasil distribusi probabilitas yang menjadi dasar. Analisa statistik ini menyimpulkan sifat dari suatu populasi, contohnya dengan uji hipotesis dan mendapatkan taksiran. Asumsi bahwa kumpulan data yang sudah diamati, diambil sampelnya dari populasi yang besar.

Statistik infernesial bisa dikontraskan dengan statisik deskriptif. Statistik deskriptif semata mata hanya berkaitan dengan sifat data yang diamati, dan tidak didasarkan kepada asumsi bahwasanya data berasal dari populasi yang besar.