Home » Info Jasa Olah Data » APA ITU Variabel Kontrol DALAM EXPERIMENTAL DESIGN?

APA ITU Variabel Kontrol DALAM EXPERIMENTAL DESIGN?

  • by
APA ITU VARIABEL KONTROL DALAM EXPERIMENTAL DESIGN?

Halo sobat statistik, halo kali ini USH Jasa olah data jogja akan membahas apa itu variabel kontrol. simak terus ya

Eksperimen memiliki beberapa jenis variabel, termasuk variabel kontrol (terkadang disebut variabel terkontrol). Variabel hanyalah nilai yang bisa berubah; percobaan yang baik hanya memiliki dua variabel yang berubah: variabel independen dan variabel dependen. Misalkan Anda menguji untuk melihat bagaimana jumlah cahaya yang diterima memengaruhi pertumbuhan tanaman:

  • Variabel bebas, dalam hal ini jumlah cahaya, diubah oleh Anda sebagai peneliti.
  • Saat Anda mengubah variabel independen, Anda memperhatikan apa yang terjadi pada variabel dependen. Dalam hal ini Anda melihat seberapa banyak tanaman tumbuh.
  • Variabel kontrol adalah faktor lain dalam eksperimen; yg harus dijaga agar tetap konstan. Dalam percobaan pertumbuhan tanaman, ini mungkin merupakan faktor seperti tingkat air dan pupuk.

Variabel Kontrol dan Desain Eksperimental

Variabel perancu dapat memiliki efek tersembunyi pada hasil eksperimen Anda.

Jika variabel kontrol tidak tetap konstan, variabel tersebut dapat merusak eksperimen Anda. Misalnya, Anda mungkin menyimpulkan bahwa tanaman tumbuh optimal pada 4 jam cahaya sehari.

Namun, jika tanaman Anda menerima tingkat pemupukan yang berbeda, percobaan Anda menjadi tidak valid. Sebagai seorang peneliti, Anda harus mengidentifikasi variabel apa pun yang dapat memengaruhi hasil eksperimen Anda dan Anda harus mengambil langkah-langkah untuk menjaganya tetap konstan (“mengontrolnya”).

Jika tidak, eksperimen Anda membahayakan validitas internal, yang merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa hasil eksperimen Anda tidak akan valid. Saat variabel kontrol mengamuk dan tidak dikontrol, variabel tersebut berubah menjadi variabel perancu, yang memengaruhi hasil dan merusak eksperimen Anda.

ilustrasi variabel kontrol pada sebah riset mengenai motivasi belajar siswa

VARIABEL KONTROL

Variabel Kontrol vs. Grup Kontrol

Dalam eksperimen atau penelitian apa pun, hampir tidak mungkin untuk memperhitungkan semua variabel yang dapat memengaruhi hasil eksperimen Anda. Jika sulit untuk mengidentifikasi dan mengontrol semua variabel perancu yang potensial, mungkin perlu untuk membuat kelompok kontrol. Grup kontrol memberikan pengukuran dasar untuk eksperimen Anda.

baca juga : APA ITU RANCANGAN ACAK KELOMPOK (RANDOMIZED BLOCK DESIGN) ?