Home » Info Jasa Olah Data » aplikasi olah data » Aplikasi R untuk Olah Data Statistika

Aplikasi R untuk Olah Data Statistika

Aplikasi olah data R/R Studio di dunia Internasional dan di negeri +62. Program R statistika:

Sesekali “Piknik” Ke Luar Negeri

gambar postcard piknik ke luar negeri. tentang aplikasi r yang sudah terkenal di luar negeri tetapi masih awam di dalam negeri

Asyik banget kalau tau dan ngerti program/software R / R Studio untuk statistika. Ada program open source untuk (komputasi) statistik (olah data), namanya R dan R Studio.

Apa itu Aplikasi Olah Data R / R Studio

R Analytics (atau bahasa pemrograman R) adalah perangkat lunak sumber terbuka gratis (open-source) yang digunakan untuk komputasi statistik yang berat. Bahasa ini dibangun khusus untuk, dan digunakan secara luas oleh, olah data statistik dan penggalian data.

Program ini mampu mengolah data seperti di aplikasi SPSS, AMOS, eViews, Lisrel, atau STATA. Di luar negeri, si R / R Studio ini sudah terkenal banget. Buktinya:

  • Pemrograman R jadi bahasa terpopuler secara internasional pada tahun 2017 (sumber: IEEE Spectrum rank languages)
    Perlu diketahui bahwa IEEE adalah jurnal internasional reputasi sangat tinggi. Jika akademisi mau kirim jurnal ke sana, sulitnya minta ampun.
  • Punya forum internasional dan nasional (Indonesia)

Kita bisa kenalan dulu sama software R. Kalau bingung, kita bisa tanya-tanya sama yang bisa. Sharing is caring. Simak ulasan lengkap tentang aplikasi olah data R / R Studio di sini:

17 Keunggulan Aplikasi R / R Studio

  1. Efisien – penyimpanan data filenya kecil
  2. Powerful – Serba bisa / Fitur lengkap
  3. Valid – Terkenal di Luar Negeri
  4. Popular – Secara internasional
  5. Banyak tutorial – web atau pun video youtube
  6. Cross platform – Linux, Mac, dan Windows
  7. User interface (UI) menarik (R Studio)
  8. UI bisa night mode (R Studio)
  9. Banyak pengembang (developer)
  10. Punya forum tanya jawab R nasional (Indonesia)
  11. Punya forum tanya jawab R Internasional
  12. Bisa untuk Programming – Saingan phyton
  13. Visualisasi Keren – Analisis Eksploratif
  14. Visualisasi web interaktif – R Shiny
  15. Big Data Integrated – Hadoop & HDFS
  16. Reliabel – Sangat mudah direproduksi dengan pengiriman script/syntax
  17. Gratis – Opensource, halal tidak perlu bajak aplikasi olah data

baca juga Hukum Menggunakan Aplikasi Bajakan

Contoh Olah Data di R / R Studio

visualisasi-data-uji-korelasi-jasa-olah-data-ush-indonesia

Grafik Pencar

contoh-data-panel-jasa-olah-data-ush-indonesia-program-r-statistika

Olahan Regresi Data Panel

Masih banyak contoh hasil olah data aplikasi R / R Studio. Apakah sobat statistik butuh uji komparasi (t-test, dkk)? Uji korelasi (pearson, spearman, kendal)? Uji reliabilitas dan validitas? Hampir semua uji statistik untuk skripsi bisa sobat temukan di R / R studio. USH Indonesia tidak dapat mengirimkan semua gambarnya di sini, namun sobat statistik dapat temukan lebih lengkap di laman layanan kami atau pun di google. Program R untuk statistika ini sangat useful

Aplikasi R dan Kemanusiaan

Sebagai seorang manusia yang baik, kita menghargai kerja keras orang lain. Ketika orang lain meminta bayaran dari hasil kerja kerasnya, sikap yang baik adalah memberi sesuai kesepakatan. Contoh: kita bekerja sebagai karyawan, pasti kita ingin gaji kita dibayarkan. Telat sedikit, runyam kehidupan. Apalagi sampai ada pemotongan (gaji), kalau bisa jangan. Nah, sedangkan pembajakan adalah bentuk pencurian, bentuk pemotongan “gaji” orang. Karena kita mengambil hasil kerja keras orang lain tanpa ridhonya. Potong “gaji” orang tanpa persetujuannya. Pasti kita gak mau diperlakukan seperti itu.

Aplikasi olah data R / R Studio dan R Commander datang sebagai solusi: opensource, gratis, dan legal. Tidak perlu lagi mencuri, memotong “gaji”, dan menyakiti hak kekayaan intelektual. Cukup pelajari R / R Studio dan R Commander saja, urusan analisis data, olah data, dan penghitungan data selesai. Halal dan Legal. Jika sobat statistik kebingungan, kami menyediakan jasa konsultasi R. Cukup hubungi kami via aplikasi whatsapp.

Fitur Program R / R Studio untuk Statistika

  • Uji T, uji wilcoxon, dan semua uji komparasi baik parametrik atau pun non-parametrik
  • Uji Korelasi (Pearson, Spearman, Kendall)
  • ANOVA, Regresi Linier, Regresi Model, dan segala macam regresi lainnya
  • Principal Component Analysis (PCA)
  • Clustering dan Forecasting
  • dan masih banyak lagi… (packagenya saja minimal ada 12.000)

3 Alasan Mengapa Harus Pakai Program R / R Studio untuk Statistika

  1. Semua kelebihan yang dimiliki R
  2. Meningkatkan peluang dapat pekerjaan
  3. Dipakai oleh perusahaan besar

Menurut Survei Data Science Salary Survey (2014), ilmuwan data yang jago pakai R dibayar rata-rata $ 98.000 di seluruh dunia. Angka itu lebih tinggi di Amerika Serikat – sekitar $ 144.000. Tentu saja, mengetahui cara menggunakan program R tidak akan membuat sobat statistik langsung mendapat pekerjaan, tapi kemampuan menguasai R di zaman milenial ini semakin dibutuhkan. Bahkan di seluruh pekerjaan. Contoh: dokter perlu menggunakan statistika, insinyur juga butuh, pertanian pun butuh. Jika sobat statistik bisa menguasai R, nilai plus dalam melamar pekerjaan.

R sedang digunakan oleh raksasa teknologi terbesar, sebut saja Twitter, Microsoft, dan Google. Diadopsi oleh raksasa teknologi selalu merupakan tanda potensi. Perusahaan saat ini tidak mengambil keputusan atas perasaan. Setiap keputusan utama harus didukung oleh analisis data yang konkret, ada bukti ilmiah. Hal tersebut berlaku di setiap bidang profesi.

Belajar R melalui webinar / seminar online sekarang semakin mudah. Banyak variasi mulai dari gratis hingga berbayar. Basic hingga advance. Setelah berguru pada salah satu webinar, sobat juga bisa mencoba memiliki berbagai macam buku / ebook untuk belajar R.

Cara Download Aplikasi Olah Data R

Salah satu kelebihan R adalah merangkul semua kalangan. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan jauh lebih ringan dibanding SPSS. Ibaratnya seperti jalan raya, mau motor bebek atau motor gede semua boleh jalan. Kami pun telah membuat ulasan terkait spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menginstall R / R Studio. Sedangkan untuk mendownload:

Download aplikasi olah data R / R Studio bisa jadi cukup tricky. Maksudnya, butuh panduan yang mudah agar proses instalasi lancar jaya. Apalagi kita mau menggunakan R Commander, plugin yang membuat R serasa SPSS, tinggal klik. Kami punya rekomendasi panduan lengkap download aplikasi olah data R / R Studio (klik).

Video Tutorial Aplikasi R / R Studio

USH Indonesia ingin agar sobat statistik gampang menggunakan program R. Kami pun membuat akun youtube dan sudah ada beberapa video yang semoga bermanfaat. Ke depannya kami coba untuk bisa kontinyu mengunggah video tutorial cara menggunakan aplikasi olah data R / R Studio untuk statistika. Kami memohon kepada Allah agar memudahkan kami dalam mengenalkan R / R Studio. Mohon doa dari sobat statistik semoga video kami lebih bermanfaat, interaktif, dan inovatif.

Perbedaan R / R Studio dan R Commander

Program R adalah software gratis untuk statistika dan non-statistika. R memungkinkan kita untuk melaksanakan “semua” uji statistik. Akan tetapi, R sendirian masih cukup sulit digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan R-Studio. R-Studio adalah software gratis terintegrasi yang membuat fasilitas untuk menjalankan bahasa R secara mudah. Bak mobil sebelum dan sesudah disusun. Bayangkan ketika membeli mobil, tapi mobilnya belum disusun. Datangnya R-Studio membuat kita hanya tinggal “menjalankan mobil”, gas, rem, setir, semua siap pakai. Mudah, bukan?

Kemudahan ini semakin menjadi dengan datangnya RCommander. RCommander adalah plugin (tambahan) gratis yang memungkinkan otomatisasi bahasa R. Bak mobil yang memiliki fitur menyetir otomatis. Hanya tinggal klik maka bahasa R berjalan sendiri, sobat statistik tinggal menunggu. Hal ini membuat tidak ada kata sulit dalam memakai aplikasi olah data R / R Studio

Bahasa keren: R Studio adalah integrated development environment (IDE) dari R. Sedangkan R Commander adalah salah satu package dari R

Testimoni Aplikasi R menurut Ahli

“Saya sudah menggunakan MATLAB, STATA, dan R dan ternyata saya paling suka R. Cobalah semuanya, baca artikelnya, cari tahu mana yang terbaik untuk Anda. Yang terpenting, bersenang-senanglah! ”

Konrad Hurren, pelajar Austrian School Economics

Aplikasi olah data R / R Studio sangat terkenal di luar negeri. Para pakar telah menggunakan R terutama untuk ekonometrika. Bahkan ada yang sampai membuat ebook lengkap namun ringkas perihal ekonometrika di R.

R benar-benar luar biasa. 12.000+ paket pemrograman statistik dan non-statistik telah dikembangkan untuk R. Banyak yang bagus. Mereka juga gratis. Kekuatan R untuk keperluan statistik luar biasa. Alat grafik saja luar biasa. R memiliki sesuatu yang disebut R-Studio. R-Studio juga gratis dan memukau. Kombinasi R dan R-Studio memungkinkan non-programmer untuk melakukan hampir semua analisis statistik…

Peter Schaeffer

Perbandingan Harga Aplikasi Olah Data

Update 29 Maret 2020:

RStataSPSSAMOSEviews
Gratis1.6 Juta60 Juta128 Juta28 Juta

Orang luar negeri beralih dari aplikasi berbayar ke R / R Studio. Bayangkan perbedaan pengeluaran yang bisa mereka hemat. Karena perbandingan harga aplikasi olah data inilah mereka mau “capek-capek” menguasai R / R Studio. Ada yang menggunakan program R / R Studio untuk statistika, ada pula yang non-statistika (sesuai kebutuhan).

Sejarah Aplikasi R / R Studio

Pada tahun 1976, John Chambers dan rekannya mengembangkan R di Bell Laboratories. Pada dasarnya, bahasa pemrograman R adalah implementasi dari bahasa pemrograman S. Kemudian, R menggabungkan bahasa pemrograman S dengan semantik pelingkupan leksikal yang terinspirasi dari Scheme.

Namun, R diberi nama sesuai dengan nama depan dua penulis pertama bahasa pemrograman R, yaitu Ross Ihaka dan Robert Gentleman di University of Auckland, Selandia Baru. Selain itu, proyek R disusun pada tahun 1992, dengan versi awal yang dirilis pada tahun 1995 dan versi beta pada tahun 2000.

Pemrograman R merupakan bahasa pemrograman yang open source, sehingga bahasa pemrograman R sering diperbaharui sesuai kasus yang dibutuhkan. Tentu tak heran jika R merupakan aplikasi sistem statistik yang kaya. Hal ini disebabkan banyak sekali packages yang dikembangkan oleh developers dan komunitas untuk keperluan analisa statistik.

Perusahaan Besar yang Menggunakan R / R Studio

R Basics merupakan salah satu fasilitas R yang sedang populer dikalangan akademisi maupun praktisi didunia. Banyak perusahaan besar yang telah menggunakan pemrograman R bagi kesuksesan perusahaan, diantaranya Google, facebook, NOVARTIS, Thomas Cook, Bing, TechCrunch, wipro, mozilla, ANZ, accenture, MERCK, ORBITZ, genpact, The New York Times, dan sebagainya.

3 Kekurangan Aplikasi R / R Studio

Tidak lengkap jika kita membahas kelebihan tanpa menyebutkan kekurangan, jasa olah data USH Indonesia telah membuat ringkasan:

  1. Script/syntax kadang error tidak terduga
  2. Butuh kesabaran untuk belajar
  3. Di awal akan terasa tidak mudah

Kesimpulan

Sesekali jalan-jalan ke luar negeri, bertemu RStudio yang ramai dibicarakan akademisi. Tinggalkan yang bajakan demi keselamatan diri. Gapai prestasi dengan software asli.

– Jasa Olah Data USH Indonesia

Tidak perlu lagi bajak software, cukup dengan yang halal.
baca juga: doa agar dicukupkan dengan yang halal saja

Jika bingung dalam mengoperasikan R / R Studio, hubungi Jasa Olah Data USH Indonesia. Ada paket gratis

#indonesia #rstudio #rcommander #jasaolahdata #statistika