Home » Info Jasa Olah Data » Biaya Jasa Olah Data Spss di 2021

Biaya Jasa Olah Data Spss di 2021

Lebih dari sekadar daftar harga biaya jasa olah data SPSS di 2021. Artikel ini mencoba merangkum keuntungan dan kerugian dari setiap nominal transaksi. Termasuk tips sebelum membayar ke suatu jasa atau konsultan statistik. Berikut ulasan tim jasa olah data USH Indonesia:

Biaya Jasa Olah Data SPSS di 2021

Range Harga Biaya Jasa Olah Data SPSS di 2021

Tim kami menemukan bahwa harga termurah jasa olah data di Indonesia adalah 30rb rupiah. Ya, 30 ribu rupiah kepada orang yang tidak Anda kenal sama sekali! Akan tetapi, ternyata banyak error atau ketidaktahuan yang kami temukan. Terutama di jasa-jasa yang tidak dikerjakan oleh lulusan statistik atau terkait.

Memang benar bahwa statistika dapat dipelajari. Namun, tidak semua yang belajar dapat menguasai. Kasus tersering yang kami temukan adalah ketidaktahuan akan validasi dari uji reliabilitas dan validitas. Kemudian cukup sering juga kami temukan ketidaktahuan akan transformasi data dan kapan itu diperlukan.

Naik level dari 30rb (Rp.30.000,-) rupiah, harga normal sebuah jasa olah data statistika dimulai pada angka ratusan ribu. Pada pengerjaan olah data statistik sederhana, harga berkisar di angka 150rb (Rp.150.000,-). Contohnya adalah korelasi 2 variabel atau pun komparasi 2 variabel seperti uji independent t-test.

Namun, tim kami menemukan bahwa tidak semua biaya jasa olah data SPSS tersebut mencakup biaya lisensi SPSS. Kebanyakan jasa olah data ternyata menggunakan SPSS crack yang tidak berlisensi (bajakan). Mungkin saja SPSS bajakan tidak berpengaruh terhadap penghitungan statistik. Akan tetapi, kita tidak tahu apa yang saja yang bisa terjadi jika menggunakan barang palsu? Pasti ada yang berbeda bukan?

Naik dari 150rb (Rp.150.000,-), jasa olah data kami (USH Indonesia) menawarkan harga sekitar 200rb (Rp.200.000,-) untuk pengerjaan statistik sederhana. Selisih sekitar 50rb dari harga normal, kami gunakan untuk tetap menggunakan aplikasi olah data berlisensi. Namun, kami juga menawarkan harga normal jika menggunakan aplikasi r untuk olah data. Sebuah aplikasi open-source, gratis, dan powerful seperti SPSS.

Level 300rb (Rp.300.000,-) ke atas adalah untuk pengerjaan statistik rumit/advance seperti regresi linear. Harga terus naik mulai dari regresi linear hingga regresi logistik (Rp.700.000,-). Pada tingkat kerumitan tertinggi seperti Structural Equation Modelling (SEM), harga dapat mencapai 1jt (Rp.1.000.000,-) hingga 2jt (Rp.2.000.000,-) rupiah (bergantung pada kerumitan model SEM yang digunakan).

Jasa olah data USH Indonesia pernah menerima klien luar negeri dari Inggris yang menginginkan konsultasi sekaligus pendampingan olah data SEM yang kami sepakati di harga 2jt rupiah. Selain biaya olah data, terdapat juga biaya konsultasi yang beragam tergantung pada kerumitan topik, tingkat pendidikan narasumber, dan durasi konsultasi. Konsultasi paling sederhana dan sebentar kami patok 20rb (Rp.20.000,-) rupiah.

Sebagian olah data memberikan pricelist atau daftar harga biaya jasa olah data. Namun, tidak sedikit yang memberikan harga kasus per kasus seperti yang kami lakukan di USH Indonesia. Kami memiliki patok harga di tiap jenis teknik statistik, kemudian kami sesuaikan dengan tingkat kesulitan data dan jenis aplikasi (lisensi/open-source) hingga mendapatkan harga akhir.

Hal terpenting yang harus diperhatikan selain harga adalah profesionalitas dan keamanan. Berikut kami rangkumkan tips mendapatkan jasa olah data yang profesional dan aman

5 TIPS MEMILIH JASA Olah Data SPSS di 2021

  1. Dikerjakan oleh ahli statistika. Lulusan jurusan statistik atau terkait.
  2. Aplikasi olah data asli.
  3. Catat nomor dan nama rekening.
    • Pastikan nama rekening sama dengan nama perusahaan atau nama pemilik perusahaan
    • Rekening bersama milik perusahaan/pemilik perusahaan lebih baik dari rekening pribadi pengerja statistik
    • Cek rekening di berbagai sumber terpercaya seperti http://cekrekening.id/ milik KOMINFO Republik Indonesia
  4. Pastikan hasil olah data sudah jadi sebelum transfer uang. Contoh: meminta screenshot hasil olah data
  5. Jangan bayar DP sebelum no.4 dipastikan