Home » Info Jasa Olah Data » Hausman Test Eviews Pada Regresi Data Panel

Hausman Test Eviews Pada Regresi Data Panel

  • by
hausman test

Uji Hausman, atau disebut juga dengan nama Hausman test, adalah pengujian yang digunakan untuk menentukan metode terbaik antara efek tetap dan efek acak. Kali ini kita akan membahas bagaimana uji Hausman dilakukan dengan Eviews dalam regresi data panel.

EViews adalah program komputer untuk mengolah data statistik dan ekonometrika. Program ini tersedia dalam dua versi, yaitu MS Windows dan juga Macintosh. EViews merupakan sekuel dari MicroTSP yang dirilis pada tahun 1981. Aplikasi EViews pertama diciptakan dan didevelop oleh Quantitative Micro Software (QMS) yang berbasis di Irvine, California, USA

EView bisa dipakai sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dalam bentuk time series, cross section serta data panel. Apa yang dimaksud dengan deret waktu, cross section, dan data panel?

Berikut ini penjelasan sederhananya :

  • Time Series

Dalam hausman test, Time Series merupakan objek data yang terdiri dari beberapa periode.

  • Cross Section

Cross Section merupakan data dari berbagai objek pada waktu tertentu atau pada waktu tertentu.

  • Data Panel

Data Panel merupakan data time series dan cross-section. Artinya data terdiri dari beberapa objek dan mencakup beberapa periode. Data panel memiliki sifat yang lebih kompleks karena menggabungkan deret waktu dan cross-section.

Tes Hausman dengan eviews cukup sederhana. Syaratnya kita harus melalui langkah-langkahnya satu per satu, yaitu menganalisis terlebih dahulu efek tetapnya baru kemudian beralih ke efek acak.

Cara melakukan Hausman Test menggunakan Eviews

Berikut ini adalah cara melakukan Hausman Test menggunakan Eviews

Efek acak menggunakan Eviews

Jadi, setelah anda membuka Eviews, perhatikan pada bagian “Equation Window” lalu anda pilih Proc > Specify/Estimate, setelah itu akan tampil “Equation estimation window” kemudian anda pilih tab yang “Panel Options”. Maka akan muncul tampilan baru seperti yang ada di bawah ini :

Hati-hati, jendelanya mirip dengan yang ditunjukkan di atas, yaitu Anda harus memilih Random di kotak kombo Cross Section. Sedangkan untuk combo box lainnya, biarkan saja seperti itu, tidak perlu dirubah. Kemudian klik tombol OK. Maka akan muncul layar seperti berikut:

Hasil di atas dibiarkan apa adanya, karena ini adalah langkah untuk melakukan uji Hausman menggunakan Eviews dalam regresi data panel.

Hausman Test menggunakan Eviews

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan hausman test menggunakan eviews. Langkahnya sebagai berikut :

Perhatikan di bagian  “Equation window” lalu anda pilih pada bagian View > Fixed/Random effect testing kemudian Correlated random effect – Hausman test.

Bila anda sudah melakukannya dengan benar, akan muncul tampilan “Equation window” dan tampilan dari aplikasi Eviews yang anda gunakan akan berganti menjadi seperti ini :

Silahkan anda perhatikan dengan seksama tampilan dari hasil output hausman test yang sudah dilakukan menggunakan Eviews seperti di atas tersebut. Jadi, pada bagian nilai yang ada pada bagian test summary dan cross-section random. Angka atau nilai yang tertera merupakan nilai dari p value hasil uji hausman.

Kesimpulan dari Hausman Test

Setelah selesai melakukan uji hausman maka selanjutnya adalah membuat kesimpulan dari hasil test tersebut, yaitu :

  • Jika hasil uji hausman menerima H1 atau dengan kata lain p value < 0,05 maka harus memilih metode fixed effect.
  • Jika hasil uji hausman menerima H0 atau dengan kata lain p value > 0,05 maka harus memilih metode common atau random effect.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana melakukan hausman test eviews pada regresi data panel. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa anda terapkan untuk melakukan uji hausman dengan baik. Terima kasih.