Home » Info Jasa Olah Data » Aqidah » Hukum Menggunakan Software Bajakan

Hukum Menggunakan Software Bajakan

Hukum menggunakan software bajakan. Hampir semua pekerjaan halus membutuhkan sebuah aplikasi atau software. Ada yang butuh untuk mengetik, menulis, mengubah bahasa, hingga pekerjaan rumit seperti formula matematika. Kebutuhan akan software membuat para pengembang software putar otak mencoba memberikan yang terbaik. Banyak software dibuat, tapi tidak semuanya terkenal. Agar bisa terkenal, software harus yang paling baik, paling keren. Sehingga banyak investasi diperlukan seperti tenaga, waktu, dan biaya.

Investasi tersebut membuat suatu software berharga, punya value. Sehingga tidak semua yang baik datang dengan harga gratis. Bahkan, ada yang harganya fantastis. Masalah ini membuat sebagian ahli komputer membajak software-software berbayar. Satu software yang tadinya berbayar, tiba-tiba menjadi gratis dengan berbagai cara seperti crack. Boleh gak sih sebenarnya membajak software itu? Masihkah kita peduli dengan halal dan haram? Lantas dari sisi pengguna, bagaimana hukum menggunakan software bajakan? Halal? atau Haram?

Simak penjelasan lengkapnya di sini, langsung dari ahlinya:

– Tonton video singkat 1 menit (klik) – ust. Dr. Erwandi Tarmizi, MA
– Artikel Rumaysho: Hukum memakai barang bajakan (klik)
– Artikel Konsultasi Syariah: Penghasilan dari software bajakan (klik)
– Artikel Konsultasi Syariah: Bolehkah copy dan install software bajakan (klik)
– NU melarang mendapatkan uang dari jualan (memakai) barang bajakan (klik)

ada seorang laki-laki yang berpose menyembah uang dan dikelilingi oleh kayu-kayu yang terpotong. Pose menyembah uang ini ibarat seperti budak dunia dan tidak peduli lagi mana halal dan mana haram. Karena tidak peduli dengan hukum menggunakan software bajakan.

gambar 1. kita yang memiliki nilai atau nilai yang memiliki kita

Ternyata seperti itu hukum menggunakan software bajakan. Halal di salah satu kondisi, tetapi haram di hampir semua kondisi. Tahukah sobat statistik bahwa tidak semua software yang keren itu berbayar? Masih banyak software-software berkualitas dengan harga GRATIS. Setidaknya, kualitas software gratis (freeware) hampir sama dengan kualitas software yang berbayar.

4 contoh freeware keren:

Oleh karena itu, jasa olah data halal Jogja menggunakan software R. Sebuah freeware yang powerful, apa yang SPSS bisa, R juga bisa. Mau diskusi tentang R? atau mau diolahkan datanya pakai R? silahkan klik di sini

Jika ingin tahu lebih lengkap tentang R, silahkan baca: Aplikasi R untuk olah data statistik. Ternyata aplikasi R/R Studio bisa melakukan hampir semua hal seperti SPSS, eViews, Stata, smartPLS, dan AMOS.

“Pakai yang asli atau tidak sama sekali”

Biografi prof. Ginus Partadiredja oleh Aditya P Priyahita