Home ┬╗ Info Jasa Olah Data ┬╗ Independent T-Test

Independent T-Test

  • by
INDEPENDENT T TEST

Independen T Test adalah uji komparatif atau uji beda untuk mengetahui adakah perbedaan mean atau rerata yang bermakna antara 2 kelompok bebas yang berskala data interval/rasio. Sementara itu, Paired Sample T-Test adalah metode analisis uji beda (komparasi) yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata antara 2 sample yang saling Berpasangan. Perbedaan antara Independent dan Paired Sample T-Test terdapat pada data yang akan di analisis. Independent Samplet T-Test menggunakan data tidak berpasangan. Sementara Paired Sample T-Test menggunakan data Berpasangan.

Uji T Test Independent adalah salah satu uji parametrik untuk melakukan komparasi independen. Sampel independen adalah sampel yang menghasilkan data dari subjek yang berbeda. Studi komparasi independen, contohnya perbandingan laki-perempuan, perbandingan pada suatu kelompok,  kontrol-perlakuan, perbandingan perusahaan Asumsi Independen T Test

Asumsi yang harus dipenuhi pada independen t test

Ada 5 asumsi persyaratan pengunaan uji independent t-test yakni :

  • Skala data interval/rasio.
  • Kelompok data saling bebas atau tidak berpasangan, jika sampel data berpasangan maka dapat dilakukan dengan menggunakan uji paired sample test.
  • Data per kelompok berdistribusi normal, jika data tidak terdistribusi normal maka dapatdilakukan dengan menggunakan uji hipotesis perbandingan seperti uji Mann Whitney
  • Data per kelompok tidak terdapat outlier.
  • Varians antar kelompok sama atau homogen.

Untuk asumsi poin no. 1 dan 2, anda tidak perlu mengujinya dengan SPSS. Sedangkan untuk asumsi no. 3 dan no. 5 anda harus mengujinya dengan SPSS. dan lain-lain.

Penentuan Hasil Uji T Test Independent

Dasar penentuan uji T Test Independent berdasarkan nilai signifikansi (2-tailed) yang mengukur ada tidaknya perbedaan rata-rata pada subjek yang diujikan.

  • Nilai signifikansi (2-tailed) > 0.05 menunjukkan tidak terdapat perbedaan rata-rata antar subjek penelitian.
  • Nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antar subjek penelitian.

Contoh Independent Sample T-Test

Setelah memahami tentang Independent T-Test mengenai jumlah (banyak) antara kedua kelompok data yang akan dibandingkan tidak sama.berikut adalah contoh penggunaan Independent Sample T Test :

Andri melakukan penelitian dengan judul Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran 1 dan Metode Pembelajaran 2 di SMAN 2 Kota Jambi.

Penelitian dilakukan terhadap 2 kelas yaitu Kelas A dan B. Pada penelitian ini, Saya menerapkan Metode Pembelajaran 1 ke kelas A dan Metode Pembelajaran 2 ke kelas B.

Kemudian, dari metode pembelajaran pada masing-masing kelas tersebut, Saya akan membandingkan Prestasi belajar siswa antara kedua kelas (A dan B).

Sejauh ini yang sudah kita ketahui adalah:

  • Penerapan Metode Pembelajaran yang berbeda (ada 2)
  • Penerapan pada kelas yang berbeda (ada 2).
  • Penelitian bertujuan membandingkan hasil penerapan dari 2 kelompok data (yaitu kelas A dan Kelas B).

Apakah Anda sudah bisa menentukan menggunakan Independent T-Test ? Tentu Belum Bisa.

Kenapa ? Karena jumlah sample belum kita ketahui. Karena penelitian ini diterapkan pada Siswa Kelas A dan Kelas B, maka Anda harus tahu berapa jumlah siswa masing-masing kelas yang akan dijadikan sample penelitian.

Katakanlah jumlah siswa pada Kelas A sebanyak 10 siswa. Sedangkan kelas B sebanyak 7 Siswa. Nah jika begini, Anda bisa menggunakan Independent T-Test

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Independent T-Test, Bagi anda yang membutuhkan jasa perhitungan berbagai data olah statistik, anda dapat mempercayakannya pada uji statistik halal. Layanan kami sangat beragam, tak hanya olah data, USH juga melayani dalam berbagai urusan statistik seperti Konsultasi statistik, Desain kuesioner dan metode pengumpulan data, Desain studi penelitian untuk eksperimen dan observasional, Pemodelan data dan Forecasting, Olah data statistik, Interpretasi analisis dan penalaran statistik serta Pembuatan grafik statistik. Segera kunjungi kami di https://ujistatistikhalal.com
atau bit.ly/ush-indonesia