Home » Info Jasa Olah Data » Istilah dasar statistika yang perlu diketahui

Istilah dasar statistika yang perlu diketahui

  • by
istilah dasar statistik

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat akrab dengan kata statistik, bahkan di Indonesia terdapat lembaga negara dengan Badan Pusat Statistik(BPS). seringkali kita juga mendengar istilah observasi, data, sensus, sampel, populasi, dan lain sebagainya. Selain itu statistik juga sering disebut dengan statistika.

Pada artikel ini USH Jasa Olah Data akan membahas istilah dasar statistika beserta definisinya. buat sobat statistik sedang mendalami ilmu statistika artikel Ini bisa memberikan manfaat dan mencerahkan.

Istilah Dasar Statistika

Statistika adalah kumpulan metode yang digunakan untuk merencanakan eksperimen, mengambil data, dan kemudian menyusun, meringkas, menyajikan, menganalisa, menginterpretasikan dan mengambil kesimpulan yang di pada data tersebut.

Data adalah hasil observasi atau pengamatan yang telah dikumpulkan. data dapat berupa hasil pengukuran; misalnya data tinggi dan berat badan, hasil pengelompokan; misalnya jenis kelamin, hasil jawaban responden pada suatu kuesioner; misalnya tingkat kepuasan.

Populasi adalah koleksi lengkap semua elemen yang akan diselidiki. suatu koleksi dikatakan lengkap Jika dia memuat semua subjek yang akan diselidiki.

Sensus adalah koleksi data dari semua anggota dalam populasi.

Statistika deskriptif adalah statistika yang berkaitan dengan analisis dan deskripsi suatu grup sebagai populasinya, tanpa melakukan penarikan kesimpulan apapun untuk komunitas yang lebih luas dari grup tersebut.

Statistika inferensi adalah statistika yang mencoba untuk membuat suatu deduksi atau kesimpulan pada populasi dengan menggunakan sampel dari populasi tersebut.

Sebagai contoh penerapan statistika di kehidupan sehari-hari, suatu lembaga survei melakukan wawancara terhadap 3000 penduduk Yogyakarta Untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah. dalam hal ini sebanyak 3000 penduduk merupakan sampel dan keseluruhan penduduk Yogyakarta sekitar 6 juta jiwa adalah populasinya. Kalau tidak salah setiap 5 tahun sekali, perintah melakukan sensus pertanian atau sensus ekonomi. pada kegiatan sensus semua kepala keluarga didata dan data yang terkumpul disebut dengan sensus atau data sensus.

Contoh Kasus Statistika

Pengumpulan data dengan cara sensus biaya waktu tenaga yang banyak. untuk alasan efisiensi, banyak kasus Pola atau kelakuan populasi cukup dipelajari melalui sampelnya.

Nantinya, hasil analisis pada sampel ini digunakan untuk memberikan kesimpulan pada populasi asalnya. dapat diharapkan kesimpulan yang valid, maka sampel yang diambil harus representative.

Representative artinya ia merupakan benar-benar mewakili populasinya. sampel yang tidak valid melahirkan kesimpulan yang menyimpang dari keadaan sesungguhnya.

Pemilu atau Pilkada di Indonesia lakukan untuk mengetahui aspirasi dari semua pemilih. jadi Pemilu merupakan proses sensus untuk populasi terpilih; walaupun kenyataannya tidak semua data populasi dapat diperoleh karena banyaknya golput.

Lembaga survei melakukan perhitungan cepat atau quick count adalah bukan proses sampling. artinya data diambil dari sebagian TPS yang tersebar dengan cara sedemikian rupa sehingga data yang diperoleh dipercaya dapat mewakili pemilih semuanya. Contohnya lihat di kawalpemilu.org.

Hasilnya sangat cepat diperoleh karena data yang diambil hanya sebagian kecil dari data sesungguhnya. akuratan kesimpulan yang diambil bergantung pada kualitas sampel yang diambil dan metode analisis data yang digunakan.

ingat dalam sistem sampling terdapat faktor kesalahan yang sudah diperhitungkan sejak awal atau error. Diantara faktor kesalahan ini adalah sampling error yang merupakan ukuran peluang ketidakmiripan sampel dengan populasinya. Juga metode yang digunakan untuk analisis selalu didasarkan pada teori probabilitas.

Artinya tidak ada kesimpulan apapun dalam statistik yang bersifat eksak; semuanya mempunyai peluang kejadian sebaliknya. sangat dimungkinkan beberapa lembaga survei perhitungan cepat Pilkada memberikan kesimpulan yang berbeda satu sama lainnya; terutama bila keadaan sesungguhnya hanya memberikan selisih yang sangat tipis.

Demikian artikel istilah dasar statistika ini, semoga bisa membantu ya.