Home » Info Jasa Olah Data » Langkah-Langkah Independent T Test dengan Minitab

Langkah-Langkah Independent T Test dengan Minitab

  • by
independent t test dengan minitab

Independent T Test dengan Minitab

Selain menggunakan STATA, SPSS, dan aplikasi olah data R, ternyata Independent T Test juga bisa dilakukan pengujian dengan menggunakan Minitab. Artikel dari USH Indonesia berikut ini akan membahas secara detail langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan uji independent t test dengan menggunakan minitab. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Langkah Awal

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menyiapkan data atau bahan yang akan anda uji independent t testnya menggunakan minitab. Sebagai Contoh anda perlu memasukkan data dari kelompok A dan Kelompok B dimana perbedaannya terletak pada perlakuan. Anda bisa memasukkan data seperti pada gambar berikut ini untuk bahan percobaan.

Berdasarkan data yang anda masukkan di atas, maka telah mengartikan bahwa pada data anda terdapat dua kelompok yang berbeda perlakuan dimana setiap kelompok memiliki jumlah sampel sebanyak 10 sampel. Katakanlah perbandingan gula darah antara yang diberikan gula diabetes (kelompok A) dengan yang diberikan gula aren (kelompok B). Jika tidak memilki data, anda dapat mencari di internet salah satunya kaggle.com/datasets

Langkah-Langkah Pengujian INDEPENDENT T TEST DENGAN MINITAB

Dalam melakukan pengujian independent t test dengan minitab, untuk pertama kalinya anda perlu mengklik Stat, Basic Statistics, 2 Sampel T yang ada pada Menu. Selanjutnya, anda perlu melakukan pencentangan pada Samples in different column, lalu memasukkan grup A ke kotak First, sedangkan untuk kotak B perlu anda masukkan ke kotak Second. Selanjutnya lakukan pencentangan pada Assume Equal Variance ketika kedua datanya homogeny, sedangkan ketika datanya tidak homogeny jangan pernah melakukan pencentangan.

langkah awal independent t test dengan minitab

Selanjutnya, anda perlu mengklik tombol Graphs. Pada tombol Graphs tersebut anda harus mencentang semuanya yaitu tombol Individual value pot dan Boxplots of Data. Setelah itu barulah anda mencentang tombol OK.

Langkah selanjutnya dalam independent t test dengan minitab yang perlu anda lakukan ialah mengklik tombol Options, kemudian tentutkannlah derajat kepercayaan pada penelitian anda. Standar dari derajat kepercayaan biasanya ialah 95,0 atau 95%. Kemudian pada Test Difference biarkan saja tetap terisi oleh angka 0 sedangkan pada alternativenya biarkan tetap terisi not equal. Kemudian klik OK.

Hasil INDEPENDENT T TEST DENGAN MINITAB

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, anda bisa melihat outputnya dengan cara mengklik jendela utamanya kemudian menekan OK. Selanjutnya akan terlihat output seperti berikut ini.

Hasil di atas merupakan hasil dari independent t test minitab individual plot. Dari jendela diatas, dapat kita ketahui bahwa ia menunjukkan nilai-nilai sampel masing-masing grup atau kelompok serta perbedaan mean atau rata-rata dari dua kelompok. Untuk hasilnya, ternyata kelompok B memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibanding kelompok A.

Selain hasil dari independent t test minitab individual plot, akan ditampilkan juga output dari Independent T Test Minitab Boxplot. Berdasarkan jendela di atas yang merupakan hasil dari uji yang telah kita lakukan, maka diketahui bahwa terdapat perbedaan mean atau rata-rata dari dua kelompok tersebut. Selain itu, output dari uji ini juga menunjukkan variance dari masing-masing kelompok.

boxplot independent t test dengan minitab

Jendela di atas ini merupakan jendela independent t test minitab output. Dari jendela tersebut, ditunjukkanlah hasil mean atau rata-rata dari kelompok A ialah sebesar 25,3 dimana standar deviasinya ialah 15,9. Selanjutnya untuk kelompok B, rata-rata atau meannya berada di angka yang lebih tinggi yaitu 56,3 dengan standar deviasi yaitu 25,6. Sehingga kesimpulannya ialah rata-rata atau mean dari kelompok B ternyata lebih tinggi dibandingkan kelompok A dengan selisih angka yaitu -31.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui apakah selisih -31 tersebut sudah dapat membuktikan secara statistik bahwa ternyata memang terdapat perbedaan signifikan antara kelompok A dan juga kelompok B. Sehingga untuk proses selanjutnya perlu digunakan uji independent t test. Adapun hasilnya ialah nilai t hitung yaitu -3,25 yang ada di degree of freedom (df) 18 dengan p value yaitu sebesar 0,004 dimana lebih kecil dari pada batas kritisnya yaitu 0,05. Sehingga ditemukanlah jawaban hipotesisnya yaitu menerima Ha/H1 atau memiliki arti lain terdapatnya perbedaan rerata yang bermakna dan signifikan antara dua kelompok tersebut yaitu kelompok A dan kelompok B.

Itulah langkah-langkah atau cara yang mudah untuk melakukan uji independent t test dengan menggunakan minitab. Berbagai informasi pengujian dan rumus statistik sudah tersedia dengan cukup banyak di website kami yaitu ujistatistikhalal.com. Bagi anda yang membutuhkan jasa pengujian statistik atau berbagai penyelesaian masalah statistik anda, maka anda bisa menghubungi kami melalui website di ujistatistikhalal.com. Terima kasih dan semoga membantu.