Home » Info Jasa Olah Data » Macam penyimpangan (error) dalam penelitian dan sebabnya

Macam penyimpangan (error) dalam penelitian dan sebabnya

  • by
MACAM PENYIMPANGAN (ERROR) DALAM PENELITIAN DAN SEBABNYA

Dalam dunia statistik dan penelitian terdapat istilah penyimpangan atau error. Penyimpangan atau error ini merupakan sesuatu yang pasti terjadi dalam sebuah penelitian. Namun tidak semua error dapat ditoleransi dalam suatu penelitian.

Besaran penyimpangan (error) yang dapat ditoleransi dalam suatu penelitian tergantung pada sifat penelitian itu sendiri. Ada penelitian yang dapat mentoleransi penyimpangan yang besar, sebaliknya ada juga penelitian-penelitian yang menghendaki penyimpangan atau error yang kecil, sebab dapat menimbulkan kesimpulan yang salah.

2 Macam Penyimpangan (Error) Dalam Penelitian

Dalam suatu riset ada kemungkinan timbul 2 macam penyimpangan yaitu

A. Penyimpangan karena pemakaian sampel (sampling error)

Seandainya tidak ada kesalahan pada pengamatan, satuan satuan ukuran, definisi, pengolahan data, dan sebagainya, maka perbedaan itu hanya disebabkan oleh pemakaian sampel. Mudah dimengerti, bahwa semakin besar sampel yang diambil, semakin kecil. Penyimpangan apabila sampel itu sudah sudah sama besar dengan populasi, maka penyimpangan oleh pemakaian sampel akan hilang.

Simak juga tulisan menarik dari idntimes macam-macam teknik sampling .

B. Penyimpangan bukan oleh pemakaian sampel (non sampling error)

Golongan penyimpangan ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah sebagaimana berikut ini

1. Penyimpangan karena kesalahan perencanaan

Misalnya tidak tepatnya pemakaian definisi, kriteria satuan-satuan ukuran, dan sebagainya dapat memberikan penyimpangan pada hasil penelitian.

2. Penyimpangan karena penggantian sampel

Sampel yang diteliti berbeda dengan sampel yang ditetapkan misalnya seorang petani yang telah ditetapkan sebagai sampel tidak berada di rumah pada waktu dikunjungi yang lalu petugas menggantinya dengan petani lain.

3. Penyimpangan karena salah tafsir petugas maupun responden

Akibat dari kesalahan ini adalah dapat akan menyimpang dari keadaan sebenarnya

4. Penyimpangan karena responden sengaja salah menjawabnya

Hal ini terjadi karena responden merasa curiga terhadap maksud dan tujuan penelitian mungkin juga responden mempunyai maksud-maksud tertentu.

5. Penyimpangan karena sengaja salah menjawabnya penyimpangan karena kesalahan pengolahan data dan penerbitan

Hal yang sering terjadi dalam pengolahan data statistik, misalnya salah menambahkan, salah mengalikan, dan sebagainya.

Penyimpangan penyimpangan (error) oleh pemakaian sampel, bersama dengan penyimpangan bukan karena pemakaian sampel merupakan penyimpangan total yang mungkin terdapat dalam suatu penelitian. Si peneliti harus memperkecil kedua penyimpangan tersebut di atas.

Kesalahan pemakaian sampel dapat diperkecil dengan pemakaian metode pengambilan sampel yang tepat, sedangkan kesalahan bukan karena pemakaian sampel dapat diperkecil dengan perencanaan dan pelaksanaan yang teliti dari penelitian yang bersangkutan.