Home » Info Jasa Olah Data » bisnis » Ini Dia Manfaat Statistik dalam Bidang Ekonomi

Ini Dia Manfaat Statistik dalam Bidang Ekonomi

Manfaat Statistik dalam Bidang Ekonomi

Statistik memiliki peranan yang sangat penting dalam bidang ekonomi. Hal ini dikarenakan di dunia ekonomi, para pelakunya membutuhkan sebuah alat demi memenuhi kebutuhannya. Dimana alat tersebut ialah ilmu statistik.

Pemanfaatan statistik diaplikasikan guna melancarkan aktivitas usaha bagi penggiat ekonomi. Tanpa statistik, maka permasalahan-permasalahan yang ada tidak bisa diselesaikan dengan tepat.

Kali ini USH – Jasa Olah Data Jogja akan membahas tentang manfaat statistik dalam bidang ekonomi. Monggo disimak ya

Bagaimana Statistik Dapat Berlangsung di Perusahaan?

Misalnya saja ada permasalahan di sebuah perusahaan. Setiap manajer mempunyai kepentingan untuk mempromosikan produk barang perusahaannya.

Dimana produk tersebut umumnya memiliki target pasar atau konsumennya tersendiri Sehingga manajer memerlukan data statistik yang digunakan untuk kebutuhan pemasaran tersebut.

Adapun data statistik yang dibutuhkan berupa banyaknya jumlah penduduk dalam suatu daerah, penghasilan dan pekerjaan masyarakat di daerah tersebut, kriteria masyarakat menurut jenis kelamin atau usia, dan lain sebagainya.

Jadi tanpa bantuan dari alat statistik, produk yang ditawarkan bisa saja tidak sampai ke konsumen sesuai jenis atau kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

3. Ini Dia Sejumlah Manfaat Statistik Bagi Sistem Perekonomian 1

Jenis-Jenis Sumber Data dan Istilah Dalam Dunia Statistik

Ada dua macam sumber data statistik, dimana sumber data itu sendiri adalah cara mendapatkan data statistik tertentu. Meliputi data primer dan data sekunder.

Data primer adalah informasi atau data yang didapatkan dari narasumber lewat wawancara ataupun dengan cara menyurveinya secara langsung.

Sedangkan data sekunder sendiri ialah informasi atau data yang didapatkan dari sumber yang lain lewat kajian pustaka atau laporan keuangan tertentu.

Sementara, istilah-istilah penting dalam dunia statistik, diantaranya :

  1. Informasi, merupakan hasil data yang telah dianalisis.
  2. Datum atau data, ialah sekumpulan fakta berupa pengukuran, nilai, data berupa angka dan data bukan angka.
  3. Populasi, ialah sekumpulan manusia, komunitas, masyarakat yang diteliti dengan karakteristik tertentu.
  4. Sampel, adalah sebagian subjek dari populasi yang telah diambil.
  5. Parameter, ialah ukuran populasi, berupa deviasi dan rata-rata.
  6. Variable, adalah symbol yang memiliki nilai berubah-ubah.
  7. Sampling, adalah pengambilan sampel menggunakan teknik statistik.

Jenis-Jenis Statistik

  • Statistik Deskriptif, adalah statistik yang diaplikasikan untuk mendeskripsikan sesuatu lewat grafik dan ukuran. Misalnya, seorang manajer perusahaan ingin mengetahui penjualan produknya di daerah X
  • Statistik inferensi, yaitu statistik yang diterapkan untuk pengambilan kesimpulan berdasarkan data populasi menurut sampel. Misalnya, seorang manajer perusahaan ingin mengetahui banyaknya tingkat penjualan barang atau produk perusahaannya di sebuah kota yang diambil dari kota tersebut hanya beberapa kecamatannya saja.

Manfaat Statistik di Bidang Ekonomi

Statistik mempunyai banyak kegunaan di berbagai bidang, tidak terkecuali dalam bidang ekonomi. Untuk lingkup ekonomi mikro atau kecil, seperti perusahaan maupun entitas tertentu, ada sejumlah manfaat dari statistik, diantaranya:

  1. Mengetahui semua faktor yang berhubungan dengan permasalahan perusahaan.
  2. Menyediakan beberapa data tertentu untuk menguraikan suatu masalah atau kondisi perusahaan.
  3. Menjadi alat pengawasan dan pengendalian.
  4. Mendapatkan gambaran tentang persoalan tertentu secara lebih sederhana lewat ukuran statistik.
  5. Pengambilan keputusan dan kesimpulan melalui tingkat kepercayaan.
  6. Mengetahui efek sebuah variabel terhadap populasi tertentu.
  7. Mengetahui adanya hubungan dari sebab akibat suatu permasalahan.
  8. Meningkatkan efisiensi biaya penelitian terhadap pemanfaatan metode sampling.

Selain itu, data statistik juga berguna bagi perekonomian bangsa. Seperti dapat mengetahui kebijakan pemerintah berdasarkan inflasi yang terjadi, mengetahui penurunan angka kemiskinan, jumlah uang yang beredar di masyarakat, mengetahui tingkat kemiskinan dan pengangguran masyarakat, dan persentase pertumbuhan ekonomi bangsa.

Jadi, informasi data statistik bisa berguna sebagai tolak ukur untuk membandingkan perekonomian bangsa dengan Negara lainnya di dunia. Nama bidang ilmu statistik yang diaplikasikan pada dunia ekonomi adalah ekonometrik.