Home » Info Jasa Olah Data » Pengertian Statistik Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Statistik Menurut Pendapat Para Ahli

Apa itu pengertian statistik? Kali ini USH akan membahasnya secara asyik. yuk simak gaes.

Statistik ialah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang sistem pengolahan, penyajian, pengumpulan serta menganalisis data.

Jika Anda memahami manfaatnya, statistik dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu berbagai macam aspek kehidupan.

Selain itu, statistik juga dikenal sebagai salah satu bagian ilmu matematika. Dimana hampir keseluruhan ilmu statistik berhubungan dengan metode hitung-hitungan.

Dengan statistik inilah, seseorang bisa lebih mudah membuat penelitian. Apalagi bagi mahasiswa yang memasuki semester akhir, sudah tentu sangat familier dengan yang namanya ilmu statistik.

Definisi Statistik Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda tentang pengertian statistik, diantaranya sebagai berikut :

  1. Anderson dan Bancroft

Menurut Bancroft dan Anderson, statistik memiliki pengertian sebagai sebuah cabang ilmu sekaligus seni pengembangan dengan metode paling efektif lewat pengumpulan, penginterpretasian, dan pentabulasi data kuantitatif yang dibuat sedemikian rupa.

Dengan data statistik, memungkinkan terjadinya kesalahan saat menyimpulkan dan mengestimasikan bisa diperkirakan melalui cara penalaran berdasarkan hitungan peluang.

  1. Dr Sudjana

Prof. Dr. Sudjana, M.A, M.Sc juga berpendapat bahwa ilmu statistik memiliki arti yaitu pengetahuan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan analisa data, hingga penarikan kesimpulan menurut data-data yang dikumpulkan beserta analisa yang telah dilakukan.

  1. Steel dan Torrie

Steel dan Torrie menjelaskan bahwa statistik ialah sebuah metode yang menjelaskan sebuah cara untuk melakukan penilaian ketidaktentuan terhadap penarikan kesimpulan bersifat induktif.

  1. Supranto

Ahli Indonesia, j. Supranto pun berpendapat bahwa pengertian statistik ialah sebuah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang berbagai cara pengumpulan data, penyajian, lalu penganalisa dan terakhir ditariklah kesimpulan menurut hasil penelitian yang sudah dilakukan secara menyeluruh.

Apa Saja Manfaat Statistik

Berbicara mengenai ilmu statistik, tentu saja metode ini hadir untuk memberikan banyak solusi bagi perkembangan science dan kehidupan umat manusia. Beberapa manfaat ilmu statistik diantaranya :

  • Bagi ilmu pengetahuan, manfaat statistik ialah sebagai bentuk dari tools analisis sekaligus interpretasi terhadap data-data kuantitatif yang ada pada ilmu pengetahuan dan bertujuan untuk dapat mengambil kesimpulan dari data-data yang sudah dikumpulkan.
  • Bagi penelitian ilmiah, statistik berfungsi sebagai penyedia alat untuk mengemukakan kembali semua bentuk keterangan, dimana sebelumnya keterangan tersebut seakan-akan tersembunyi dalam serangkaian angka.
  • Bagi kehidupan sehari-hari, ilmu statistik ini bisa dimanfaatkan untuk keterangan dan bahan dari berbagai hal yang bisa diolah kemudian ditafsirkan dari berbagai fakta yang sudah ditemukan.

Bila kamu pusing dengan bagaimana cara mengolah data, kamu bisa menghubungi USH Jasa olah data jogja. Dengan pendampingan kami, kamu bisa menafsirkan datamu supaya bermanfaat sesuai dengan keperluan kamu. Nah itulah manfaat dari statistik

Fungsi Ilmu Statistik

Ada beberapa fungsi statistik, diantaranya :

  • Fungsi Inferensial, berfungsi untuk mengontrol dan meramal populasi maupun keseluruhan data didasarkan pada peristiwa dan gejala yang terjadi selama penelitian berlangsung. Untuk itu, dalam statistika diperlukan hipotesis serta estimasi pada awal penelitian.
  • Fungsi Deskriptif, merupakan fungsi yang berhubungan dengan peranan statistik dalam memahami, menerangkan serta mendeskripsikan sebuah peristiwa maupun dari data-data yang sudah dikumpulkan pada suatu penelitian. Sayangnya fungsi ini, tidak sampai ke tahap generalisasi serta pengambilan kesimpulan dari segala populasi yang tengah diteliti.

Itulah ulasan tentang pengertian statistik, manfaat dan fungsi yang harus kita ketahui tentang statistik. Kegunaan mempelajari statistika, sebenarnya tidak hanya bisa mengetahui manfaatnya saja tetapi juga bisa dijadikan sebagai langkah atau prediksi untuk meminimalkan risiko kesalahan yang mungkin bisa terjadi suatu saat nanti. Sehingga data statistik bisa menyimpulkan suatu data penelitian berdasarkan perhitungan dan analisa data yang dilakukan.