PERAN DAN FUNGSI STATISTIK

  • by
PERAN DAN FUNGSI STATISTIK

 Dalam Artikel kali ini, Uji Statistik Halal akan kembali menulis tentang bab di ilmu statistik, yaitu: peran dan fungsi statistik.

Dalam kehidupan di era globvalisaai ini,  statistik sangat berperan signifikan dalam membantu menjadikan kehidupan manusia. Misalnya peranan statistik dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, dalam kegiatan ilmiah, dan kegiatan proses belajar mengajar, dan dalam kegiatan ilmu pengetahuan.

  1. Peranan statistik dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat pembacaan data dari bahan-bahan atau keterangan-keterangan untuk kemudian dijadikan bahan dasar pengambilan keputusan atau kebijakan. Contoh: angka kenakalan remaja, tingkat biaya hidup, tingkat kecelakaan lalu lintas, dan tingkat pendapatan.
  2. Dalam penelitian ilmiah, statistik memiliki peranan sebagai alat analis data untuk mengemukakan atau menemukan kembali teori-teori dari data acak hasil penelitian.
  3. Dalam kegiatan proses belajar mengajar, statistik dapat dipakai untuk menilai kinerja guru dalam memberi pengajaran serta menilai kinerja sekolah dalam memberikan pendidikan
  4. Dalam ilmu pengetahuan, statistik memiliki peranan sebagai sarana analisis dan interpretasi dari data kuantitatif ilmu pengetahuan, sehingga diperoleh suatu kesimpulan dari berbagai data tersebut. Semakin pentingnya peranan statistik pada berbagai bidang dalam kehidupan modern, menimbulkan berbagai macam cabang ilmu baru yang merupakan gabungan antara ilmu tersebut dengan statistik atau penerapan statistik dalam ilmu tersebut. Cabang-cabang ilmu baru tersebut, antara lain: (1) ekonometrika, merupakan gabungan antara ilmu ekonomi dengan statistik; (2) sosiometri, merupakan gabungan antara ilmu sosiologi dengan statistik; dan (3) psikometri, merupakan gabungan antara ilmu psikologi dengan statistik.

Mengapa Perlu Mempelajari Statistik?

Statistik perlu diketahui dan dipelajari karena statistik berperan sebagai alat bantu dalam hal-hal berikut ini, yaitu:

  1. Menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang berpengaruh terhadap suatu objek.
    Variabel atau peubah merupakan sesuatu yang nilainya bervariasi (tidak tetap), seperti harga, produksi, hasil penjualan, umur, dan tinggi. Dengan menggunakan statistik, variabel-variabel tersebut dapat dijelaskan hubungannya. Misalnya, pengaruh pemberian pakan dengan kadar Protein Kasar 28% terhadap berat dada ayam broiler umur 35 hari. 
  2. Membuat rencana dan prediksi
    Rencana dan prediksi merupakan dua hal yang diperlukan dalam pelaksanaan sesuatu, sehingga dapat diperoleh hasil yang baik dan berkualitas. Oleh karena itu, rencana dan ramalan harus baik pula. Dengan statistik, rencana dan prdediksi dapat dibuat sebaik mungkin. misalnya prediksi cuaca atau pertumbuhan ekonomi suatu negara.
  3. Mengatasi berbagai perubahan
    Perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu pengambilan keputusan, tidak mungkin dapat diabaikan atau dihindarkan, supaya pihak-pihak lain tidak ada yang dirugikan. Dengan statistik, perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi sedini mungkin. Sebagai contoh, suatu pengusaha ternak ingin mencari batas maksimal kematian ayam broiler supaya tidak rugi dengan memperhatikan variabel manajemen kandang, pemberian pakan, dan umur pemanenan.
  4. Membuat keputusan yang lebih baik
    Keputusan yang baik dan rasional amat diperlukan dalam menjaga kelancaran sebuah aktivitas kerja supaya kelestarian dari sebuah usaha dapat terjamin. Dengan statistik, keputusan yang baik dan rasional dapat dihasilkan. Sebagai contoh, seorang kepala sekolah dihadapkan pada kondisi yang tidak menentu dari prestasi para siswanya. Kepala sekolah harus dapat mengambil sikap atau tindakan tertentu, misalnya melihat grafik perkembangan siswanya, memotivasi para guru untuk bekerja lebih giat, memperbaiki kualitas soal ujian berdasarkan analisis validitas butir, dan lain sebagainya yang terfokus pada analisis data. Teori keputusan dan uji hipotesis dapat membantu pelaksanaannya.

Fungsi Statisik

Dari peranan statistik di atas maka dapat kita simpulkan bahwa statistik memiliki fungsi, antara lain sebagaimana berikut ini:

  1. Bank data untuk menyediakan data untuk diolah dan diinterpretasikan agar dapat digunakan untuk menerangkan keadaan yang perlu diketahui atau diungkap.
  2. Alat quality control untuk membantu standardisasi dan sekaligus sebagai alat pengawasan.
  3. Alat analisis, merupakan suatu metode penganalisisan data.
  4. Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan, sebagai dasar penetapan kebijakan dan langkah lebih lanjut untuk mempertahankan, mengembangkan perusahaan dalam perolehan keuntungan.

Penutup

Nah buat Kamu yang ingin lebih tahu tentang statistsik atau membutuhkan jasa olah data statistik, kamu bisa menghubungi USH. USH kini telah membuka cabang di banyak daerah seperti JOGJA, Bandung dan Semarang.