Home » Info Jasa Olah Data » statistik » Peran Statistik di Kehidupan Sehari hari

Peran Statistik di Kehidupan Sehari hari

Halo sobat statistik, kali ini jasa olah data USH Indonesia membahas peran statistik di kehidupan sehari hari. Statistik adalah aplikasi (pengembangan) ilmiah dari prinsip matematika untuk input, analisis, dan penyajian data. Mudahnya, statistik adalah pengembangan aplikatif dari penelitian matematis. Statistik sejatinya memiliki peran dari sejak input data, pemrosesan, hingga akhirnya dianalisis dan menghasilkan kesimpulan. Kesimpulan statistik inilah yang digunakan sebagai argumen ilmiah untuk berbagai macam hal. Contoh: pembuatan kebijakan, pengubahan kebijakan, termasuk di dalamnya penjualan/marketing, dan masih banyak lagi. Nantinya kita akan membagi-bagi peran statistik sesuai bidang yang ada

salah satu perusahaan yang menggunakan peran statistik di kehidupan sehari hari
Contoh peran statistik: membuat jasa Konsultan Statistik

Peran statistik secara umum

Secara umum, statistik dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Deskriptif: terdiri dari metode untuk mengatur, menampilkan, dan menjelaskan data dengan menggunakan tabel, grafik, dan ringkasan.
  2. Inferensial: terdiri dari metode yang menggunakan hasil sampel untuk membantu membuat keputusan atau prediksi tentang suatu populasi.

Statistik dapat diterapkan ke berbagai bidang studi, seperti biologi, ekonomi, teknik, kedokteran, kesehatan masyarakat, psikologi, pemasaran, pendidikan, dan olahraga. Banyak keputusan ekonomi, sosial, politik, dan militer tidak dapat dibuat tanpa teknik statistik, contoh: kapan suatu obat dinilai aman untuk dijual bebas, apakah terdapat hubungan antara rokok dengan kanker paru, dan bahkan mampu menilai apakah suatu kebijakan pemerintah disukai masyarakat atau tidak.

Tanpa statistik, manusia dapat berbicara apa pun (tanpa ilmu). Namun dengan statistik, manusia berbicara dengan argumentasi ilmiah. Sobat statistik bisa saja mengatakan bahwa rokok itu tidak akan menyebabkan kanker paru. Namun kenyataannya, secara statistik, terdapat hubungan bermakna antara rokok dengan kanker paru. Contoh lain: Orang mengatakan bahwa di propinsi A pasti calon presiden A yang menang, padahal secara statistik, terbukti calon presiden B yang menang.

Sampling

Salah satu teknik yang sangat berguna untuk statistik adalah sampling. Sampling adalah bagaimana memeroleh informasi tentang populasi dengan mensurvei hanya sebagian kecil dari total populasi yang ada. Contoh: survei tentang rating televisi hanya dilakukan ke beberapa ribu keluarga, bukan semua pemirsa yang jumlahnya bisa mencapai ratusan juta. Namun, bagaimana bisa yang sedikit itu mewakili yang banyak? peran statistik ada di sana. Statistik memutuskan di mana dan bagaimana mengumpulkan data (sampling): menentukan jenis dan jumlah sampel dan mengembangkan kuesioner survei atau formulir seperti google form.

Ketika sampling, sobat statistik juga perlu menyiapkan instruksi untuk pekerja yang akan mengumpulkan dan mentabulasi data. Karena hal tersebut akan memengaruhi reliabilitas dan validitas kuesioner yang digunakan

baca juga: Reliabilitas dan Validitas

Kalau hasilnya reliabel dan valid, barulah sobat statistik menganalisis, menafsirkan, dan merangkum data menggunakan perangkat lunak komputer.

Di negara maju seperti Amerika dan Jepang, ilmu statistika berkembang pesat sejalan dengan teknologi, bisnis, dan informatika. Kemajuan statistika menjadi dasar dari machine learning (ML) atau artificial intelligence (AI). Produk akhirnya adalah kebijakan, termasuk di dalamnya marketing.

Peran statistik di kehidupan akademik dan penelitian

Mahasiswa memerlukan mata kuliah statistika, sudah jelas. Namun, kenapa mahasiswa memerlukannya, jawabannya beragam. Bagi sebagian mahasiswa, mata kuliah statistik hanya sebagai jembatan kelulusan. Supaya lulus ya harus bisa statistik, minimal lulus ujiannya.

Namun bagi sebagian mahasiswa lain, statistik adalah salah satu jendela kehidupan. Di mana melaluinya mampu melihat berbagai pemecahan masalah yang ada. Sebagai jembatan antara curiosity – keingintahuan – dan jawaban. Mampu menjawab persoalan dan mengembangkan pemecahan masalahnya. Contoh: dengan statistik kita bisa membangun bisnis jasa olah data, dengan statistik kita bisa menjawab pertanyaan penelitian dan menjadi peneliti, dan dengan statistik kita bisa memiliki daya tawar yang tinggi untuk mencari pekerjaan.

Secara mendalam di bidang penelitian, statistika adalah standar kebenaran dari suatu kesimpulan. Suatu alat analisis kuantitatif yang diterima kebenarannya secara universal. Orang Amerika dan orang Indonesia sama-sama setuju bahwa p-value < 0.05 berarti terdapat hubungan yang bermakna.

Iklan: jika sobat statistik membutuhkan jasa konsultasi statistik, pilihlah konsultan statistik USH Indonesia

Peran statistik di Kehidupan Ekonomi dan Bisnis

Bahwa dalam mempelajari statistika kita dibantu untuk menjelaskan hubungan antar variabel, membuat keputusan yang lebih baik, mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi dan membuat rencana serta ramalan.

Sri Mulyono (2003) dalam Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis

Di dalam bisnis dan industri, statistik memainkan peran penting dalam kontrol kualitas (standardisasi) dan pengembangan produk. Misalnya sebuah perusahaan mobil, statistik dapat merancang eksperimen untuk menentukan waktu kegagalan mesin yang terpapar pada kondisi cuaca ekstrem. Contoh lain di perusahaan perangkat lunak komputer, statistik dapat membantu membangun paket perangkat lunak statistik baru untuk menganalisis data secara lebih akurat dan efisien. Statistik juga dapat mengelola aset dan liabilitas, menentukan risiko dan pengembalian investasi tertentu.

Sebuah cabang ilmu baru dari statistik dan ekonomi adalah ekonometrika. Banyak jenis uji statistik yang rumit, lahir di sini. Sebut saja structure equation modelling (SEM). Butuh aplikasi olah data canggih agar mampu melakukan SEM. Lumrah bagi kita untuk menggunakan SPSS-AMOS. Namun, tahukah sobat statistik harga SPSS-AMOS yang asli mencapai 128 juta? Pilihlah R/R studio, aplikasi olah data opensource – gratis – yang bisa melakukan SEM

Peran statistik di Kehidupan Kedokteran

Pengembangan kesehatan secara umum

Para peneliti menggunakan metode ilmiah untuk mengumpulkan data pada sampel populasi manusia. Organisasi layanan kesehatan mendapat manfaat dari mengetahui karakteristik pasar konsumen seperti usia, jenis kelamin, ras, pendapatan, dan cacat. Jenis statistik ini dapat memprediksi jenis layanan apa yang digunakan orang dan tingkat perawatan yang terjangkau bagi mereka. Bagaimana memberikan layanan terbaik dengan harga terbaik

Alokasi sumber daya

Informasi statistik diperlukan dalam menentukan sumber daya mana yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa, kombinasi barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dan populasi mana yang akan dilayani. Statistik sangat penting untuk efisiensi dan alokasi produksi. Informasi statistik yang valid meminimalkan risiko..

Penilaian Kebutuhan

Administrator perawatan kesehatan publik dan swasta, yang ditugasi menyediakan perawatan berkelanjutan untuk beragam populasi, membandingkan layanan yang ada dengan kebutuhan masyarakat. Analisis statistik adalah komponen utama dalam penilaian kebutuhan. Statistik sama pentingnya bagi perusahaan farmasi dan teknologi dalam mengembangkan lini produk mana yang sangat diperlukan oleh masyarakat

Perbaikan mutu

Pemasok perawatan kesehatan berjuang untuk membuat barang dan jasa yang efektif secara efisien. Statistik penting bagi organisasi perawatan kesehatan dalam mengukur keberhasilan atau kegagalan kinerja. Dengan membangun tolok ukur, atau standar keunggulan layanan, manajer peningkatan kualitas dapat mengukur hasil di masa depan. Analis memetakan pertumbuhan dan kemampuan keseluruhan untuk bertahan hidup dari perusahaan perawatan kesehatan menggunakan data statistik yang dikumpulkan dari waktu ke waktu.

Pengembangan produk

Pengobatan inovatif dimulai dan diakhiri dengan analisis statistik. Data dikumpulkan dan dilaporkan dalam uji klinis teknologi lalu menimbang manfaat produk terhadap risikonya. Statistik secara tidak langsung memengaruhi penetapan harga produk dengan menggambarkan permintaan konsumen dalam unit yang dapat diukur.

Peran statistik di Kehidupan Teknik (engineering)

Peran Statistik dalam sangat diperlukan. Semua insinyur menyadari hal itu segera setelah masuk ke tempat kerja. Mulai dari mendesain produk, membuat produk jadi dan membuatnya berfungsi, pada setiap langkah seorang insinyur membutuhkan bantuan statistik. Dari input data hingga probabilitas tingkat Lanjut dalam mekanika kuantum dan ilmu antariksa, aeronautika dan sipil, hingga mekanika dan Listrik. Statistik menjadi alat yang tidak dapat diabaikan oleh para insinyur.

Sumedha sengupta

Statistik mencakup: analisis deskriptif terkait suatu produk hingga analisis inferensial tentang produk yang dibuat. Bantuan statistik di dunia engineering tidak jauh berbeda dengan dunia lainnya. Hanya pada level penerapan saja yang berbeda namun hakikatnya sama.

Peran Statistik di Kehidupan Agrikultur

Secara singkat, peran statistik di dunia agrikultur adalah:

  1. Penentuan pemanfaatan lahan dan irigasi.
    contoh:ana lahan yang harus ditanam, seberapa luas, dan butuh berapa irigasi
  2. Kehutanan
    contoh: Penghitungan tanaman dan hewan langka
  3. Produksi pertanian
    contoh: penghitungan garapan, perkebunan, peternakan, dan perikanan.
  4. Penentuan dan Peramalan (prediksi) Harga dan upah pertanian.
  5. Organisasi dan struktur pertanian
    contoh: orang-orang yang bekerja di pertanian, status ekonomi mereka.
  6. Statistik dan ekonomi produksi dan pemasaran
    contoh: biaya produksi, rasio input-output, perubahan pemasaran
  7. Statistik yang berkaitan dengan cuaca dan iklim
    contoh: curah hujan dan distribusinya, suhu dan jangkauannya, tanah dan nilai pH-nya, prediksi cuaca

Peran statistik di Kehidupan Ilmu Komputer

Dewasa ini peran statistik dan ilmu komputer saling bergandengan. Orang yang mampu menguasai keduanya sangat dibutuhkan. Apalagi dalam hal machine learning (ML) atau artificial intelligence. Contoh lain selain ML adalah analisis sentimen. Analisis sentimen sangat kental dengan koding di ilmu komputer.

Sehingga kesimpulannya, seorang computer scientist sebaiknya belajar statistika dan orang statistika harus mengerti dasar-dasar pengodingan atau ilmu komputer secara umum. Namun, bukan berarti penghapusan salah satu pihak, pembelajaran tersebut agar terciptanya harmonisasi kerja sama antara ilmuwan komputer dengan ahli statistika. Karena dibutuhkan bahasa yang sama agar dapat berkomunikasi

baca selengkapnya: peran statistika di dunia big data

Jasa olah data USH Indonesia juga mampu melakukan analisis sentimen, lihat contohnya di sini.

7 Tahap Penggunaan Statistika

Terdapat 7 tahap penggunaan statistika di dalam kehidupan sehari hari. Enam diantaranya diambil dari buku Sri Mulyono:

1. Mengidentifikasi masalah

Harus dipahami bahwa pemahaman dan pengidentifikasian haruslah dengan teliti dan benar. Sering dilaporkan bahwa kesalahan kesimpulan paling banyak disebabkan karena kesalahan mengidentifikasi persoalan.’

2. Pengumpulan fakta

Data harus dikumpulkan dengan tepat dan selengkap mungkin yang berhubungan dengan persoalan yang dihadapi. Sumber data dapat digolongkan dalam dua kategori yaitu eksternal dan internal, data internal dapat ditemukan pada bagian-bagian yang ada dalam suatu organisasi. Data eksternal misalnya data yang diperoleh dari publikasi pemerintah, jurnal berkala dan lain-lain.

3. Mengumpulkan data primer

Seringkali data yang diperlukan tidak tersedia pada sumber-sumber yang ada, karena itu harus dikumpulkan sendiri. (contoh: membuat kuesioner, – tambahan penulis).

4. Klasifikasi data

Setelah data dikumpulkan, tahap berikutnya adalah mengelompokkan fakta-fakta sesuai dengan tujuan studi. Mengidentifikasikan data-data berdasarkan kemiripan sifat-sifatnya dan menyusunnya ke dalam kelompok-kelompok.

5. Penyajian data

Ringkasan informasi yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram dan ukuran-ukuran deskriptif seperti rata-rata.

6. Analisis data

Jika data dikumpulkan dari sampel, maka berdasarkan ukuran-ukuran deskriptif yang telah dihitung dilakukan pendugaan nilai parameter populasi dan pengujian asumsi parameter atau ciri-ciri populasi. Kemudian analisis menafsirkan hasil pendugaan dan membuat kesimpulan atas hasil pengujian.
Tambahan penulis: contoh, analisis regresi, melihat hubungan A dan B terhadap Y

7. Interpretasi Data

Bagaimana kita bisa memanfaatkan hasil analisis data menjadi sebuah terapan di dunia nyata. Contoh: kita memahami bahwa produk A lebih disukai dari B dan bermakna secara statistik. Maka otomatis, kita akan lebih banyak menjual produk A, lebih mengiklankan produk A, dan lebih mengembangkan produk tersebut dibanding produk B.

USH Indonesia memiliki jasa analisis data selain juga konsultasi interpretasi data. Jika sobat statistik bingung analisis dan interpretasi, bisa menggunakan paket lengkap jasa analisis data. Namun jika sobat statisitk hanya mau interpretasi data, cukup gunakan layanan konsultasi statistik

Ringkasan Peran Statistik di Kehidupan Sehari-hari

Peran statistika di kehidupan sehari hari

  1. Input data /penyediaan data: bahan-bahan atau keterangan-keterangan berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan.
  2. Menjelaskan data: hubungan antara variabel-variabel
  3. Membuat rencana dan ramalan dari hasil olah data
  4. Mengatasi berbagai perubahan – pemecahan masalah
  5. Membuat keputusan yang lebih baik dengan argumentasi ilmiah
  6. Pengembangan ilmu pengetahuan:
    – ekonometrika, merupakan gabungan antara ilmu ekonomi dengan statistik.
    – sosiometri, merupakan gabungan antara ilmu sosiologi dengan statistik.
    – psikometri, merupakan gabungan antara ilmu psikologi dengan statistik.
    – biostatistik, gabungan antara biologi-kedokteran dengan statistik
  7. Standar bukti ilmiah (evidence-based practice)

Referensi:

http://www.yourarticlelibrary.com/essay/importance-of-agricultural-statistics/44399

https://medium.com/@datamateuaecrescent/importance-of-medical-statistics-17ba1e1c042c

https://www.quora.com/What-is-the-main-role-of-statistics-in-engineering

https://onlinedegrees.mtu.edu/news/role-statistics-computer-science