Home » Info Jasa Olah Data » Perbedaan Statistik Dan Statistika

Perbedaan Statistik Dan Statistika

perbedaan statistik dan statistika

Pernahkah anda mendengar kata statistik dan statistika? Nah, USH Jasa Oleh data Jogja pada pembahasan kali ini akan dipaparkan perbedaan keduanya. Hal ini dikarenakan banyak yang masih kebingungan antara pengertian statistik dan statistika, bahkan tak jarang ada yang menganggap keduanya memiliki pengertian yang sama. Untuk itu, berikut ulasannya untuk anda.

Mengenal lebih dekat dengan statistik dan statistika

Untuk mengenal lebih dekat apa itu statistik dan statistika, maka anda perlu mengetahui definisi keduanya. Nah, statistika sendiri merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, hingga mempresentasikan data. Dapat dikatakan bahwa statistika merupakan ilmu yang berhubungan dengan data.

KBBI mendefinisikan statistika sebagai ilmu mengenai cara mengumpulkan, menabulasi, menganalisis, hingga mencari keterangan dari data berupa angka. Nah, bagaimana dengan pengertian statistik sendiri?

Statistik merupakan hasil data yang penyajiannya dalam bentuk grafik, tabel, dan sebagainya. Sedangkan menurut KBBI statistik merupakan catatan atau angka-angka yang dikumpulkan, lalu ditabulasi, dan digolong-golongkan, dengan begitu bisa memberi informasi yang berarti tentang suatu gejala atau masalah.

Jika dilihat dari definisi statistika dan statistik seperti yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dikatakan bahwa statistika dan statistik secara umum sama-sama digunakan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan data. Walaupun keduanya memiliki definisi yang berbeda, namun keduanya sangat berkaitan satu sama lain.

kajian statistik

Metode kajian statistik dan statistika

Dalam statistika sendiri terdapat dua metode penelitian yang digunakan, yaitu eksperimen dan survei. Nah, keduanya sama-sama mempelajari secara menyeluruh tentang pengaruh perubahan penjelas maupun perilaku respons yang diakibatkan oleh perubahan tersebut. Yang membuat keduanya berbeda adalah hanya terletak pada pelaksanaan proses kajian yang dilakukan. Sedangkan metode kajian pada statistik adalah proses pengkajiannya yang dilakukan setelah mendapatkan kumpulan data yang telah diolah dalam proses statistika.

Klasifikasi berdasarkan fungsinya

Dalam statistika, berdasarkan fungsinya maka dibedakan menjadi dua bagian, ada statistika inferensia dan statistika deskriptif. Statistika deskriptif merupakan statistika yang hanya dipakai untuk menggambarkan serta menganalisis kelompok data namun tidak disertai dengan penarikan kesimpulan mengenai kelompok data yang mana data yang lebih besar.

Statistika deskriptif secara sederhana bisa disebut sebagai deskripsi data yang menghitung varians data yang masih mentah, lalu mengolahnya serta mendeskripsikan dengan menggunakan tabel atau grafik, dengan begitu lebih mudah untuk terbaca.

Sedangkan statistika inferensia (dikenal juga sebagai statistika induktif) merupakan metode statistika yang dipakai dalam menggambarkan lalu menganalisis kelompok data, dengan begitu bisa menarik kesimpulan yang digunakan sebagai penentuan keputusan akan makna statistik yang telah dihitung.

Statistika inferensia secara sederhana dapat dikatakan sebagai permodelan data hingga pengambilan keputusan yang didasarkan oleh analisis data, seperti menguji hipotesis, atau sebagai pembuat permodelan hubungan (korelasi, ANOVA, deret waktu, regresi).

Bagaimana dengan statistik? Nah, statistik sendiri dibedakan ke dalam dua bagian, yang pertama adalah gambaran atau rincian data yang sudah disajikan ke dalam bentuk angka, tabel, bilangan, grafik, hingga gambar-gambar lainnya yang didapat dari proses statistika, misalnya saja dari statistika produksi, statistika penduduk, statistika harga, dan sebagainya.

Nah, statistik yang kedua sendiri digunakan dalam merepresentasikan atau menggambarkan ukuran yang menjadi wakil sekumpulan data tentang suatu objek atau sistem. Ukuran tersebut tentunya bisa berupa perhitungan dari kumpulan data oleh sebagian sampel (objek) atau seluruh data yang terdapat pada objek (populasi).

Demikianlah berbagai perbedaan statistik dan statistika yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat!