Rancangan Acak Lengkap (RAL)

  • by
Rancangan Acak Lengkap RAL

Halo sobat, kali ini USH – Konsultan Olah Data Statistik Jogja, akan mengulas sebuah rancangan percobaan yang populer dipakai oleh mahasiswa untuk skripsi. Tidak lain tidak bukan adalah Rancangan Acak lengkap atau RAL.

Apa itu Rancangan Acak Lengkap (RAL)

RANCANGAN ACAK LENGKAP merupakan suatu rancangan percobaan yang sangat sederhana, biasaya digunakan homogen atau sering disebut tidak ada faktor yang mempengaruhi respon di luar faktor yang sedang diteliti. Dalam bahasa inggris, biasa disebut Completely Randomized Design (CRD).

Rancangan Acak Lengkap biasanya digunakan ketika kondisi dari unit penelitian yang digunakan relative homogen. Perlakuan yang diterapkan terhadap unit unit percobaan biasanya dilakukan secara acak menyeluruh pada unit percobaan.

Unit percobaan yang digunakan dalam RAL (Rancangan Acak Lengkap) dapat berupa sampel ternak (ekor), cawan/tabung, area lahan dan lainnya yang mana merupakan satuan unit yang diberi Batasan sehingga tidak dapat mempengaruhi satu sama lainnya dan dalam kondisi lingkungan yang dapat dikendalikan.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah agar tidak terjadi interaksi pengaruh antara dua perlakuan yang berdekatan terhadap unit percobaan. Dikarenakan kondisi sampel yang cukup homogen maka setiap perlakuan dan ulangan memiliki peluang yang sama untuk menempati semua plot-plot percobaan sehingga pengacakan dapat dilakukan secara menyeluruh.

Keakuratan dalam penggunaan RAL dapat tercapai jika :

  1. Bahan yang digunakan untuk percobaan bersifat homogen atau relative homogen.
  2. Kondisi lingkungan memiliki kesamaan dan dapat terkendali
  3. Jumlah perlakuannya dibatasi.

Kelebihan dan Kekurangan Metode RAL

Beberapa kelebihan dari penggunaan RAL (Rancangan Acak Lengkap) antara lain adalah : Denah percobaan yang digunakan lebih mudah, analisis statistic setiap unit percobaan cukup sederhana, fleksibel dalam menggunakan jumlah perlakuan dan ulangan, kehilangan data relative kecil jika dibandingkan dengan rancangan yang lainnya.

Sedangkan untuk kekurangan dari penggunaan RAL (Rancangan Acak Lengkap) antara lain adalah syarat dari kondisi sampel haruslah homogen, tidak dapat dilakukan jika kondisi lingkungannya tidak seragam atau homogen, jumlah ulangan dan perocbaan yang rendah akan memberikan sebuah hasil data yang tidak konsisten.

Model Matematika

Dalam RAL, data percobaan didistribusikan melalui model persamaan sebagai berikut:

i = 1, 2,….. t

j = 1,2,….. ri

Dimana:

μ = Nilai tengah populasi

τ = pengaruh aditif (koefisien regresi parsial) dari perlakuan ke-i

εij = galat percobaan dari perlakuan ke-I pada pengamatan ke-j

Rancangan Acak Lengkap Pola FAKTORIAL

Percobaan faktorial merupakan salah satu percobaan yang perlakuannya terdiri dari semua kemungkinan kemungkinan kombinasi taraf dari beberapa faktor. Percobaan ini biasanya dengan menggunakan faktor dan taraf untuk faktor faktornya disimbolkan dengan beberapa percobaan faktorial (ft). Misal dalam suatu percobaan faktorial 22 artinya dapat menggunakan 2 faktor dan taraf masing faktornya yang terdiri dari 2 taraf. Dalam percobaan RAL Faktorial ada 2 tahap yang harus dilakukan yaitu yang pertama dari rancangan perlakuannya dan yang kedua adalah tahapan pemilihan rancangan lingkungannya yaitu dari bentuk desain percobaannya seperti RAL, RAKL, RBSL dan sebagainya.

Tujuan dari percobaan faktorial antara lain yaitu untuk melihat sebuah interaksi antara faktor yang di uji coba. Kedua faktor yang saling bersinergi terhadap sebuah respon yang positif, namun juga keberadaan salah satu faktor dapat menghambat pengaruh dari faktor yang lain (negative). Dengan dua mekanisme tersebut dapat meningkatkan pengaruh interaksi dari dua faktor. Interaksi tersebut dapat mengukur kegagalan dari sebuah pengaruh salah satu faktor agar tetap sama dalam setiap taraf faktor yang lain atau interaksi antara faktor merupakan pengaruh dari faktor yang bergantung pada taraf faktor yang lain.

Penutup

Demikian artikel singkat dari USH, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu sobat sekalian dalam urusan statistik. bila sobat membutuhkan bantuan konsultasi statistik atau olah data, kami siap membantu. anda dapat menghubungi kami melalui kontak yang tercantum dalam website ini atau datang langsung ke kantor kami.